Lepas Jamaah Calon Haji, Bupati Serang Harap Jamaah jadi Duta Daerah

0
45

BUPATI Serang Ratu Tatu Chasanah melepas ratusan jamaah calon haji asal Kabupaten Serang kloter 18 di halaman pendopo bupati pada Senin, 29 Mei 2023 dini hari. Tatu berharap para jamaah haji mampu bertindak sebagai duta bangsa dan daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa, umat islam dari seluruh penjuru dunia.

”Jadilah duta-duta daerah dan bangsa, karena itu pelihara dan jagalah martabat serta kebersamaan, hormati tradisi yang dimiliki suku atau bangsa lain. Selain itu para jamaah selama berada di tanah suci dapat menjaga kesehatan, karena suhu udara sangat berbeda dengan di tanah air,”ujar Tatu dalam sambutannya.

Tatu mengatakan, ibadah haji yang akan laksanakan hendaknya bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara. ”Para calon haji hendaknya dapat memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri, yaitu ibadah secara total,”ucapnya.

Menurutnya, bukan hanya ibadah yang melibatkan fisik semata seperti tawaf dan sa’i, tetapi juga ibadah batin yaitu wukuf. ”Semua bentuk ibadah itu berakhir pada kontrak atau perjanjian sebagai makhluk kepada Allah Swt sebagai sang pencipta untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi’at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya,”tuturny.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Sekretaris Daerah Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri, Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurochman, Kepala Kanwil Kabupaten Serang Ahmad Rifaudin, dan sejumlah pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Serang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakata (Kabag Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Serang Febrian Rifera mengatakan untuk jamaah calon haji asal Kabupaten Serang kloter 18 dilepas Bupati Serang menuju Embarkasi Pondok Gede, Jakarta sebanyak 393 orang jamaah.
Rinciannya, terdiri dari 10 petugas kloter (1 petugas tim pemandu haji indonesia atau TPHI, 1 Petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia atau TPIHI, 3 Petugas Tim Kesehatan Haji Indonesia atau TKHI, 2 Petugas Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah atau KBIHU, 3 petugas Tim Pemandu Haji Daerah atau TPHD dan 383 jamaah calon haji yang berbeda bahasa maupun adat istiadat.

”Untuk tahun ini Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Serang sebanyak 1.063 orang yang terdiri dari 4 kloter. Dengan jumlah lansia sebanyak 323 orang (37 orang mutasi keluar Kabupaten Serang),”ujarnya.

Adapun untuk jadwal pemberangkatannya direncanakan pada 29 Mei 2023 untuk kloter 18, 4 Juni 2023 kloter 35, 10 Juni kloter 48 dan 12 Juni 2023 atau 1444 Hijriyah kloter 53. Febri bersyukur untuk kuota haji Kabupaten Serang tahun 2023 atau 1444 Hijriyah terpenuhi 100 persen. ”Jadi kuota (Kabupaten Serang) tidak di kurangi, di tahun ini pun agak berbeda dengan tahun kemaren karena tahun ini tidak ada batasan umur jadi lansia itu banyak masuk semua,”jelas Febri.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Iroh

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here