Mengenal Aplikasi SIPUTERI, Akses Layanan Publik di Pandeglang Dalam Satu Platform

0
106

KEMUDAHAN akses layanan publik, menjadi tuntutan bagi pemerintah bagi end user atau masyarakat pengguna. Kemudahan itu bisa ditempuh dengan membangun aplikasi layanan publik dalam satu platform, baik berbasis sistem operasi android maupun iOS.

Pandeglang ternyata terus berupaya mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan membangun aplikasi SIPUTERI atau Sistem Informasi Publik Terintegrasi.

Seperti diketahui, sebelumnya Pandeglang juga telah megembangan aplikasi surat elektronik atau e-office yang merupakan replikasi dari Pemkot Tangerang.

Berbeda dengan e-office SIPUTERI merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Diskomsantik bekerjasama dengan developer lokal.

Aplikasi SIPUTERI versi pertama sudah bisa diakses di google playstore. Beberapa layanan yang sudah terintegrasi diantaranya layanan pendaftaran kartu kuning online untuk pencari kerja.

Selain itu, layanan lain yang sudah terintegrasi adalah layanan Pengelola Informasi Daerah, dimana masyarakat yang membutuhkan informasi dapat mengakses SIPUTERI untuk mengajukan permohonan.

Sistem Satu Data dan Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum (JDIH), juga sudah bisa diakses di aplikasi SIPUTERI.

Sementara beberapa layanan publik lain masih bersifat web view, karena pusat datanya belum dalam satu entitas.

“Aplikasi layanan publik di Pandeglang bukan hanya berasal dari Pemkab Pandeglang, ada juga yang langsung menggunakan aplikasi pusat,” Ungkap Mia Maulani Rizki, Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Diskomsantik, pada media, Kamis (23/12/2021).

“Aplikasi sicantik dan SP4N Lapor misalnya, itu milik pusat, namun bisa diakses dari SIPUTERI dengan sistem web view,” tambah Mia.

Selain menyediakan integrasi layanan publik, SIPUTERI juga memiliki fitur informasi wisata, laporan cuaca, info covid dan vaksin hingga layanan pengaduan.

“Ini sesuai dengan semangat Pandeglang dalam membuka informasi yang seluas-luasnya bagi warga pandeglang.” imbuh Mia.

“Target kita kedepannya secara bertahap, aplikasi layanan publik milik Pemkab Pandeglang bisa diakses di SIPUTERI, mudah-mudahan, login juga menggunakan NIK,” tandasnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here