PRA Event Gebrag Ngadu Bedug tahun 2024 digelar di Kebon Seni Juhut, Kabupaten Pandeglang, Sabtu, 2 Maret 2023.

Acara utama yang mengusung tema “Tunggul Kalapa, Sawara Luhur Ranggon” tersebut rencananya akan berlangsung sekitar 18-20 April 2024 pasca lebaran.

Kabid Kebudayaan Kabupaten Pandeglang,Yana Heryana, dalam sambutannya mengungkapkan kegembiraannya atas semangat dan antusiasme masyarakat dalam mempertahankan kebudayaan Pandeglang, terutama seni bedug yang memiliki nilai historis dan spiritual yang tinggi bagi masyarakat setempat.

“Gebrag Ngadu Bedug” yang akan digelar di Alun-Alun Pandeglang merupakan hasil kolaborasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang dan Asosiasi Seniman Bedug Pandeglang,” kata Yana.

Ia berharap acara tersebut menjadi wadah untuk memperkenalkan serta melestarikan seni bedug kepada generasi muda, sambil mempromosikan potensi wisata dan budaya Pandeglang ke tingkat nasional maupun internasional.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia, Endang Suhendar berterima kasih atas dukungan dan partisipasi semua pihak dalam menyelenggarakan acara pre event ‘Gebrag Ngadu Bedug’.

“Bersama-sama, kami berkomitmen untuk membuat acara utama pada bulan April nanti menjadi sukses besar yang akan diingat oleh semua orang. Tahun 2023 lalu kita menghadirkan 15 kampung bedug, April yang akan datang kita akan menghadirkan 20 kampung bedug di kabupaten Pandeglang,” ujarnya.

Endang menegaskan, Asosiasi Seniman Bedug (ASB) mengajak semua kalangan untuk ikut serta berkolaborasi dalam rangka menjaga dan lestarikan kekayaan budaya lokal kita bersama-sama.

Sementara itu, Show Director acara “Gebrag Ngadu Bedug”, Ami menambahkan, pihaknya telah menyiapkan berbagai konsep dan atraksi yang menarik untuk memukau para penonton dalam acara utama nanti.

“Kami berharap pengalaman yang akan disajikan tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang keindahan seni bedug dan budaya Pandeglang secara keseluruhan. Ayo bergabung dan saksikan gebrag ngadu bedug yang kami persiapkan untuk Anda,” tandasnya.

Untuk meramaikan acara utama nanti, panitia juga menyiapkan berbagai kegiatan pendukung seperti, diskusi dan pertunjukan seni dari berbagai daerah di banten akan turut diselenggarakan.

“Masyarakat Pandeglang dan seluruh pecinta seni budaya diundang untuk bergabung dalam merayakan kekayaan budaya lokal yang akan ditampilkan. Untuk informasi lebih lanjut dan partisipasi dalam acara, silakan hubungi panitia penyelenggara,” pungkasnya. (***)

Redaktur: Dendi S

Reporter: AsepĀ 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here