KEVAKUMAN kegiatan yang mengundang banyak orang, membuat “resah dan gelisah” sebagian pegawai di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten. Apalagi menyambut Hari Buku Nasional (Harbuknas), 17 Mei 2022, yang biasanya mereka rayakan dengan meriah setiap tahunnya.

Namun, tidak dianggarkan karena alasan Pandemi Covid 19, bukan berarti membuat mereka minim kreatifitas. Harbuknas wajib hukumnya untuk dirayakan dengan berbagai cara dan upaya ditengah keterbatasan yang ada.

Peserta tampak antusias mendengarkan proses kreatif penulis (foto: Istimewa)

“Alasan itulah, dengan waktu yang mepet, kami menghubungi penerbit yang siap bekerjasama yang saling menguntungkan. Kami diuntungkan karena disediakan penulis yang dihonori oleh penerbit langsung, penerbit juga kami sediakan stand untuk berjualan buku,” kata Evi Syaefudin, Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi dan Layanan Perpustakaan pada DPK Provinsi Banten.

Beberapa acara yang digelar DPK Banten dalam rangka memperingati Harbuknas, dijelaskan Evi, yakni lomba menggambar bagi anak TK, bazar buku, bedah buku bersama penulis nasional.

“Pelaksanaannya mulai 23 sampai 28 Mei 2022. Meski sudah memasuki masa endemi, Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menggunakan protokol kesehatan,” ujarnya.

Evi mengaku awalnya pesimis, acara yang digelar mendadak tersebut minim pengunjung. Namun ternyata kondisi yang terjadi di luar ekspektasi dia dan teman-temannya.

“Alhamdulillah ternyata banyak yang antusias. Mereka datang dari berbagai daerah di Banten, tidak hanya dari Kota Serang saja. Bahkan, Instagram DPK Banten pun dibanjiri berbagai pertanyaan dan komentar dari netizen terkait acara ini,” kata Evi.

Peserta dan penulis berfoto bersama usai diskusi (foto: istimewa)

Salah satu pengunjung, Novita, mahasiswa semester dua UIN SMH Banten mengaku sangat senang dengan acara yang digelar DPK. Selama pandemi, ia mengaku sangat sulit menemukan acara seperti book fair, diskusi kepenulisan serta temu penulisnya langsung.

“Rasanya gimana gitu setelah sekian lama tidak pernah ada acara seperti ini. Mudah-mudahan acara bisa dilaksanakan minimal sebulan sekali lah,” kata Novita disambut anggukan teman-temannya.(Advertorial)

 

 

 

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here