Pandeglang Mulai Dilanda Kekeringan, Warga di Empat Kecamatan Kesulitan Air Bersih

0
1927

KABUPATEN Pandeglang mengalami kelangkaan air bersih. Dari 35 Kecamatan di Pandeglang, Empat Kecamatan mengalami kekeringan sehingga kesulitan mendapatkan air bersih. Keempat Kecamatan yang mengalami krisis air yakni Kecamatan Patia, Pagelaran, Cadasari dan Kecamatan Karang Tanjung.

Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD-PK Kabupaten Pandeglang, Rian Sutansyah mengatakan, bahwa empat Kecamatan di Kabupaten Pandeglang mulai mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.

“Untuk Kecamatan Cadasari dan Karang Tanjung, kekeringan mulai terjadi di lokasi yang lebih tinggi atau di kaki Gunung Karang,” terangnya.

Menurutnya, kesulitan mendapatkan pasokan air bersih itu sudah terjadi pada pekan kemarin. Hal ini dikarenakan, sumber mata air yang biasa digunakan masyarakat mulai mengering.

“Hingga saat ini kami sudah mengirim belasan ribu liter air bersih, untuk lebih dari 250 KK di empat Kecamatan tersebut. Sudah empat mobil dan bisa terus bertambah, dan satu mobil ini dapat mengangkut beban sebanyak 4000 liter air,” ucap Rian.

Rian menjelaskan, jika puncak musim kemarau diperkirakan akan terjadi hingga bulan September mendatang.

“Artinya, kebutuhan masyarakat akan air bersih akan semakin bertambah seiring dengan banyaknya sumber mata air yang mengering,” tutupnya.

Seorang kepala keluarga di Kecamatan Karangtanjung, Komeng mengaku, jika dirinya dan warga lain kesulitan saat dilanda krisis air. Bahkan, sebelum adanya bantuan air bersih dari pemerintah, ia bersama istri dan ketiga anaknya tidak mandi selama dua hari.

“Kami sekeluarga tidak mandi selama dua hari. Penyebabnya, karena mata air yang biasa digunakan untuk mandi dan mencuci pakaian mengalami kekeringan,” katanya, pada Minggu, 20 Agustus 2023.

Menurutnya, setelah adanya bantuan dari pemerintah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang, untuk kebutuhan mandi selama dua hari ke depan diperkirakan aman.

“Entah kedepannya. Karena, musim kemarau ini dinilai masih panjang. Semoga saja pemerintah rutin mendistribusikan air bersih ke Kampung kami,” ungkap Komeng.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here