Pegawai Pemkab Pandeglang Dites Kebugaran

0
115

PULUHAN pegawai di lingkungan Pemkab Pandeglang, Selasa (02/07/2019) pagi mengikuti tes kebugaran yang dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat di Alun-alun Pandeglang.
Pantuan Tuntas Media, tes awal peserta lari mengelilingi alun-alun sebanyak empat putaran. Kemudian tahap kedua, peserta mengikuti tes berat badan dan tinggi badan, dan terakhir peserta dicek tekanan darah.

Kasi Kesling dan Kesjaor dari Dinkes Pandeglang, Agus Heryawan mengatakan, kegitan tersebut bertujuan untuk mengukur tingkat kebugaran pegawai. Karena menurutnya sehat belum tentu bugar, akan tetapi jika pegawai Pemkab bugar sudah dipastikan sehat.
“Tujuan hari ini untuk mengukur kebugaran dari pegawai sejauh mana tingkat kebugaran. Karena sehat itu belum tentu bugar, tapi kalau bugar sudah pasti sehat,” ujar Agus Heryawan saat ditemui di lokasi kegiatan.

Ia juga mengatakan, tes kebugaran pegawai tahun ini dilakukan satu kali. Namun ke depannya, tes kebugaran ini akan dilakukan setiap enam bulan.
“Jadi ini kegiatannya kita laksanakan setahun sekali, nanti harusnya setiap enam bulan sekali. Cuma karena di programnya setahun sekali, jadi kita adakan setahun sekali untuk pegawai pemda ini,” ungkapnya.

Kata dia, dalam kegiatan ini diikuti 60 pegawai dari enam OPD. Sedangkan tahun lalu, terdapat 10 OPD yang mengikuti tes kebugaran. Kecil jumlah OPD yang mengikuti tes kebugaran tahun ini karena mininnya kouta.

“Yang datang ini ada 60 orang dari enam OPD. Dari enam OPD kita undang 10 orang. Kita gilir, tahun kemaren sekitar sepuluh OPD jadi kita gilir karena kouta untuk tes kebugaran ini hanya enam puluh orang dan tiap tahun kita gilir ke tiap tiap OPD,” kata Agus.

Tes kebugaran ini berkaitan dengan aktivitas fisik dari hasil tes tersebut terdapat beberapa peserta yang fisiknya masih kurang baik. Tetapi untuk sebagiannya suduh cukup baik atau bugar.
“Jadi kita lakukan tes fisik untuk menilai tingkat kebugaran dari seseorang itu pas tadi dilihat dari hasilnya memang setengahnya masih kurang dan sebagainya sudah cukup baik karena dia sering berolahraga,” pungkas dia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pandeglang, Olis Solihin yang mengikuti tes kebugaran mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap, kegiatan ini rutin dilakukan.

“Bagus lah, kalau tidak kaya gini kita juga malas tes kebugaran. Kita mengapresiasi, tapi saya mengharapkan ke Dinkes kegiatan ini rutin minimal tiga bulan sekali, jangan hanya baru sekali terus tidak ada lagi,” ucap Olis.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments