Pelantikan Kades di Pandeglang Picu Kerumunan

0
96

PROSES pelantikan Kepala Desa (Kades) Terpilih Periode 2021-2027 di Alun-alun Pandeglang, Senin (8/11) pagi, diduga tidak mengindahkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. Dugaan pelanggaran prokes itu mulai dari masih adanya tamu undangan yang tidak mengenakan masker serta kerumunan massa.

Pantauan Tangsel Pos, 207 kades terpilih duduk di tenda sebelum timur Alun-alun dan pendamping duduk di tenda sebelah barat Alun-alun. Kemudian sanak famili dan tim kades yang mengantar turut berada di sekitar Alun-alun Pandeglang.

“Alhamdulillah Pandeglang sudah normal lagi, kerumunan sudah boleh berarti corona sudah hilang,” ujar salah seorang warga yang menyaksikan pelantikan.

Sementara, anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Dimyati Natakusuma, saat menyampaikan sambutannya mengingatkan kepala desa mengenai bahaya Covid-19. Para kades diharapkan tetap menjaga prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Covid-19 masih ada saya harap para kades tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, menjagara jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan,” pesan Dimyati.

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengaku, sebelumnya sudah menyampaikan imbauan kepada kades yang akan dilantik untuk tidak membawa massa dan menjaga prokes. Sebab, DPMPD sudah membatasi undangan, yakni kades terpilih, Ketua PKK, dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Mungkin karena euforianya sangat luar biasa, semua ingin menghadiri. Padahal kita suda menyampaikan, kita mencoba yang terbaik untuk Kabupaten Pandeglang seperti memakai masker dan lainnya, itu sudah digaungkan dari awal,” terangnya.

Redaktur : Rizal
Reporter : Ari

Facebook Comments