Sempat Dihentikan, Pembangunan Tower BTS Kadumerak Kembali Berjalan

0
75

PEKERJAAN Pembangunan fondasi tower Base Transceiver Station (BTS) di Kampung Kadumerak RT 002/RW 001, Kelurahan Kadumerak, Kecamatan Karangtanjung tetap dilanjutkan. Alasannya, karena pemilik lahan mengklaim proses perizinan sedang berjalan.

Adik Kusuma pemilik lahan mengatakan, pihaknya akan terus melanjutkan kegiatan pembangunan tower BTS karena sudah mengurus proses perizinan. Mengenai instruksi Camat Karangtanjung untuk menghentikan sementara proses pembangunan, hal itu karena desakan masyarakat.

“Pak camat itu ketakutan karena melihat kondisi warga masyarakat, padahal secara aturan mengenai masalah perizinan selama masih ditempuh, enggak apa-apa, kecuali perizinannya ditolak,” katanya di lokasi pembangunan, Senin (18/12/2023).

Dia menegaskan, pihaknya akan menghentikan proses pembangunan apabila Pemkab yang turun ke lapangan. Alasannya, karena yang memiliki kewenangan untuk melakukan penutup adalah Pemkab Pandeglang melalui Satpol PP.

“Selagi proses berjalan, menunggu verifikasi dan lain sebagainya itu enggak masalah. Kecuali izinnya ditolak, kemudian Pemkab baru bisa melakukan penghentian, karena yang berhak menutup itu Pemkab, dengan catatan sudah berbadan hukum,” katanya.

Pihak dari PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo) Muhamad Raju tidak mengetahui mengenai persoalan yang ramai dilapangan. Dia berkilah, karena pihak pemilik lahan tidak menyampaikan kepada PT. Protelindo.

“Mengenai itu saya enggak tahu perkembangannya, karena enggak ada tembusan kepada kami. Setahu saya, kalau kegiatan pembangunan dilakukan, artinya izinnya sudah ada. Nantilah saya tanyakan dulu, nanti saya kabari lagi,” katanya.

Camat Karangtanjung Endin Haerudin mengakui adanya kegiatan pembangunan tower BTS tersebut. Dia memastikan, akan segera menyampaikan persoalan tersebut kepada pihak Satpol PP Kabupaten Pandeglang agar bisa segera ditindaklanjuti.

“Iya sudah ada laporannya ke kita bahwa kegiatan pembangunan tetap dilakukan. Kita akan segera koordinasikan dengan pihak Satpol PP Kabupaten Pandeglang agar hal itu tidak menjadi persoalan berkepanjangan,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Kadumerak RT 002/RW 001, Kelurahan Kadu Merak, Kecamatan Karang menghentikan pembangunan fondasi tower Base Transceiver Station (BTS), Kamis 14/12/2023). Tindakan itu sengaja dilakukan karena pembangunan tersebut belum mengantongi izin.

Budi Prakoso warga setempat mengatakan, aktivitas pembangunan tower BTS masih beroperasi pada Kamis pagi. Warga yang mengetahui kegiatan itu kemudian meminta kepada para pekerja agar menghentikan aktivitas pembangunan. “Pagi tadi masih ada pembangunan, tetapi kita paksa berhenti,” katanya.

Budi mengatakan, penghentian aktivitas tersebut berdasarkan hasil mediasi antara semua pihak terkait dengan DPRD Pandeglang diruang kerja Komisi I DPRD Pandeglang.

“Berdasarkan hasil mediasi kemarin, memang tidak boleh ada kegiatan dulu karena enggak ada izinnya,” katanya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here