Pengurus Pemuda Muhammadiyah Soroti Lambannya Proses PAW Anggota DPRD Pandeglang Dari PAN

0
46

LAMBANNYA proses penggantian antarwaktu (PAW) anggota DPRD Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sepeninggal almarhum Suhendi, mendapat sorotan dari Pengurus Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) setempat.

Ketua PDPM Kabupaten Pandeglang, Ilma Fatwa mengatakan, lambannya DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Pandeglang dalam memproses PAW, tentunya akan merugikan partai tersebut. Menurut dia, kinerja anggota dewan dari PAN tidak akan optimal. Karena sepeninggal almarhum Suhendi 16 Maret 2020, belum ada pengganti dari Dapil 4.

“Anggota dewan itu adalah representasi dari rakyat, jadi jika terjadi kekosongan wakil di dapil tersebut tentu akan mengganggu kinerja partai dan juga tersumbatnya aspirasi rakyat terhadap wakilnya. Ini akan menjadi kerugian besar bagi PAN yang saat ini memiliki tiga wakil, tapi sepeninggal H Suhendi hanya dua orang yang bekerja,” ungkap Ilma, Sabtu (06/06/2020).

Menurut dia, tidak mungkin konstituen PAN di Dapil 4 Pandeglang akan menyampaikan aspirasinya terhadap wakil rakyat di partai lain. Sebab, masing-masing anggota dewan memiliki basis massa berbeda dan itu perlu dirawat agar infrastruktur partai tetap terjaga.
“Memang jika sudah menjadi anggota dewan, tidak ada lagi konstituen atau bukan, semua (masyarakat, red) harus dilayani. Tetapi mereka yang dulu ikut berjuang harus juga diperhatikan,” tukasnya.

Mantan anggota DPRD Pandeglang periode 2009-2014 dari PAN ini mendesak, agar DPD PAN segera melayangkan surat ke Sekretariat DPRD Pandeglang untuk memberhentikan Suhendi dan mengajukan penggantinya. Soal siapa penggantinya tentu itu sudah diatur dalam PKPU Nomor: 6 Tahun 20017 tentang Penggantian Antarwaktu Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Menurut hemat saya sejak kursi itu kosong, DPD segera memproses PAW dengan berkirim surat ke Sekretariat Dewan. Soal siapa penggantinya itu nanti bisa mengikuti mekanisme,” ungkapnya.

Sekretaris DPRD Pandeglang, E.A. Andi Kusnardi mengaku, hingga saat ini belum menerima surat dari DPD PAN Pandeglang terkait usulan PAW Suhendi.

Redaktur : D Sudrajat
Reporter : Ari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here