PMI Pandeglang Kekurangan Stok Darah

0
120

SETIAP bulannya Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pandeglang membutuhkan 600 kantung darah. Sedangkan saat ini stok darah untuk semua golongan dalam keadaan kosong.

Pelaksana Teknik PMI Pandeglang Kamaludin mengatakan, stok darah semua golongan darah di Kantor PMI Pandeglang kosong. Padahal kebutuhan darah per bulannya bisa mencapai 600 kantung.

Padahal selama ini pihaknya sering melakukan kegiatan dan sosialisasi kepada masyarakat, berkerjasama dengan lintas sektor, dan PMI Cabang Kecamatan, tetapi hasilnya sangat minim.

“Bulan ini kita melakukan sekitar 20 kegiatan, tapi kegiatan itu hasilnya masih minim, paling kita dapat 20 kantong per kegiatannya. Jadi kalau dari 20 kali kegiatan hanya beberapa kantong itu masih sedikit, untuk di Horizon sudah mencapai 40 kantong, tapi mudah-mudah bertambah,” ujar Kamaludin saat ditemui di Hotel Horizon Altama Pandeglang, Selasa (13/08/2019).

Ia menjelaskan, golongan darah yang sedikit adalah AB dan memang kebutuhannya pun sedikit. Pihaknya kerap kekurangan darah untuk golongan A, karena minimnya pendonor.

Anisa Istianti (31) ibu rumah tangga yang mendonorkan darahnya mengatakan, sudah 13 kali mendonorkan darahnya. Ia beralasan, penting untuk mendonorkan darahnya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Karena setetes darah sangat bermanfaat bagi semua orang.

“Donor darah sangat penting untuk kesehatan. Jadi tidak hanya olahraga dan bukan makan makanan sehat, enak ke badan juga ringan dan segar,” kata Anisa.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments