Polres Pandeglang Bangun Gedung Pelayanan Satu Pintu

0
159

UNTUK memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, Polres Pandeglang membangun gedung Pelayanan Kepolisian Satu Pintu (PKSP) di sisi kiri Mapolres Pandeglang.

Kapolres Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, pihaknya ingin memudahkan pelayanan pembuatan SIM, SKCK, dan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT).

“Nantinya gedung ini digunakan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya dengan dibangunnya Gedung PKSP di Mapolres Pandeglang,” ujar AKBP Indra Lutrianto Amstono saat menyampaikan sambutan dalam acara peletakan batu pertama pembangunan gedung PKSP, Kamis (05/09/2019) pagi.

Ia menerangkan, proses pembangunan gedung ini memakan waktu lama dan perjuangan yang berat. Awalnya diajukan pembangunan melalui Bantuan Keuangan (Bankeu) dari Provinsi Banten, namun karena Bankeu dialokasika untuk pendidikan, kesehatan, dan perumahan dan permukinan, akhirnya tidak jadi. Namun akhirnya gedung ini bisa dibangun melalui hibah dari APBD Pandeglang Rp 1,02 miliar.

“Alhamdulillah pemikiran kami ini didukung oleh bupati dan jajarannya, kebetulan bangunan ini dari pemda dan diserahkan bangunan ini pada kami untuk bisa kami gunakan sebagai pelayanan publik satu atap,” ujar Indra.

Indra bersyukur, pembangunan tersebut bisa berjalan tepat waktu dan yang terpenting hasilnya bermanfaat bagi masyarakat Pandeglang.

“Kalau di daerah lain ada mal pelayanan publik, kalau kita mulai dari sini dulu. Dengan sinergitas yang sangat tinggi Insya Allah Pandeglang ini bisa maju,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, PKSP adalah inisiatif Kapolres Pandeglang. Dalam setiap perbincangan, sambung dia, kapolres selalu menyampaikan inovasi dan akselerasi pembangguan khususnya pelayanan dasar.

“Inisiatornya kapolres yang juga mendorong kami agar memiliki daya pikir daya juang dan kontribusi yang besar, sehingga kami juga tidak mau kalah tahun 2020 tepatnya 1 April kita punya mal pelayanan publik, walau pun tidak tahu dari mana,” kata Irna.

Lanjut dia, pelayanan satu atap ini merupakan pelayanan dasar masyarakat yang dilempar dari satu loket ke satu loket lainnya. Diharapkan dengan adanya PKSP bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai kebutuhan, seperti SIM, SKCK, dan lainnya, sehingga tidak lagi dilempar ke beberapa loket.

“Hari ini kita berbahagia sekali, karena Polres Pandeglang telah mendorong upaya untuk memberikan pelayanan yang baik. Saya atas nama Bupati Pandeglang dan atas nama masyarakat Pandeglang memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya,” tutupnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian