Ratusan CJH Tahun 2024 Asal Pandeglang Jalani Rekam Biometrik Visa Bio

0
46

RATUSAN calon jemaah haji tahun keberangkatan 1445 H/2024 M dari Kabupaten Pandeglang, menjalani rekam biometrik visa bio di kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh pada Kemenag Kabupaten Pandeglang, Mucholid mengatakan, bahwa dari 885 orang jemaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2024, baru 405 orang jemaah haji yang telah melaksanakan rekam biometrik visa bio

“Alhamdulillah baru sekitar 40 persen, atau sekitar 405 orang jemaah calon haji yang telah melakukan rekam biometrik visa bio untuk mendapatkan visa perjalanan ibadah haji. Kemudian untuk sisanya akan menyusul, karena kami memiliki beberapa kendala seperti gangguan jaringan, hingga pengulangan perekaman baik sidik jari maupun yang lainnya,” katanya, Rabu (27/12/2023).

Menurut Mucholid, perekaman biometrik visa bio merupakan proses pencatatan jemaah calon haji secara digital terhadap data jemaah untuk pengurusan visa haji.

“Perekaman menggunakan kamera pemindai aplikasi Saudi Visa Bio, untuk pendataan 10 sidik jari hingga wajah. Dan ini adalah untuk yang kedua kalinya dilaksanakan di Kemenag Pandeglang, yang dimulai pada bulan November kemarin. Karena perekaman biometrik visa bio yang pertama kali, dilaksanakan pada musim haji tahun 2023 lalu,” ungkap Mucholid.

Dirinya menyebut, jika sebagian besar jemaah calon haji yang akan berangkat pada tahun 2024 merupakan berusia lanjut.

“Calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2024 rata-rata berusia lanjut, mereka mengantri sejak pagi hari di kantor Kemenag untuk melakukan rekam biometrik visa bio,” terang Mucholid.

Mucholid menuturkan jika pihaknya juga terus berupaya agar proses Perekaman Biometrik Visa Bio bagi para jemaah calon haji bisa segera selesai dan mereka bisa merasa dimudahkan dalam proses perekaman biometrik.

“Kami optimis, jika semua jemaah calon haji yang melakukan rekam biometrik visa bio ini akan selesai pada bulan Desember tahun 2023,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here