Sekda Pandeglang Minta OPD Teliti Saat Menyusun Anjab dan ABK

0
213

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Pandeglang, Banten, Fery Hasanudin mengatakan, dalam penyusunan analisis jabatan (anjab) dan analisis beban kerja (ABK) merupakan suatu kewajiban yang harus dikerjakan tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Kata dia, dengan penyusunan anjab dan ABK, pemetaan dari seluruh aparatur dalam struktur organisasi birokrasi dapat diketahui secara lengkap.

“Oleh karena itu anjab dan ABK harus dilakukan secara teliti, sehingga akan menghasilkan informasi jabatan yang akurat. Kemudian dijadikan bahan untuk perekrutan jumlah kebutuhan pegawai, evaluasi jabatan dan penyempurnaan fungsi setiap jabatan,” ujar Fery Hasanudin saat membuka rapat koordinasi penyusunan anjab dan ABK perangkat daerah di Hotel S’Rizki, Pandeglang, Selasa (17/04/2018).

Dia mengatakan, penyusunan anjab dan ABK akan terus dievaluasi. Evaluasi itu mulai dari kebutuhan pegawai hingga kinerja pegawai. Dengan demikian kebutuhan pegawai di setiap organisasi perangkat daerah akan jelas jumlahnya dan fungsinya.

“Hal tersebut dilakukan agar tata kelola pemerintahan berjalan dengan baik,” tuturnya

Fery berharap, melalui rakor ini seluruh OPD segera membuat uraian analisa jabatan dan beban kerja sesuai daftar isian dengan data yang valid. Kemudian hasil dari anjab dan ABK ini akan dilaporkan ke Kemenpan RB.

“Agar menjadi pijakan awal bagi kepeluan penataan pegawai, sehingga penyusunan analisis jabatan dan beban kerja ada suatu kepastian yang jelas dalam penyusunanya,” pungkas Fery.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments