JELANG kompetisi Liga 3 Indonesia Zona Banten tahun 2023 ini, Serang Jaya serius ingin memakai pemain lokal. Itu dibuktikan dengan diagendakannya turnamen sepakbola antar kelurahan bertajuk ‘Serang Jaya Cup I’, dalam waktu dekat.

Ketua Umum Serang Jaya, Subadri Ushuludin mengatakan, Laskar Surosoan (julukan Serang Jaya) adalah klub kebanggaan masyarakat Kota Serang. Jadi, ingin yang membela dan memakai seragam Laskar Benteng Tirtayasa (julukan lain Serang Jaya) di kompetisi resmi nanti putra daerah.

“Ngapain kita pakai pemain luar, bila kualitas pesepakbola Kota Serang menjanjikan. Makanya, saya coba gelar kompetisi antar kelurahan. Dari sini kami akan melihat potensi yang ada,” papar Subadri kepada awak media beberapa waktu yang lalu.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Wali Kota Serang tersebut menyampaikan, pihaknya sudah membentuk kepanitian dan sedang bergerak untuk mempersiapkan segalanya termasuk mengurus perizinan ke pihak kepolisian.

“Format Serang Jaya Cup I sendiri, diputar antar kelurahan dulu di masing-masing kecamatan. Setelahnya, mewakili kecamatan untuk melaju ke babak grand final. Selama tingkat kelurahan, kami sudah siapkan tim pemantau guna melihat kualitas pemain yang ada,” ucapnya.

Oleh karenanya, Subadri meminta untuk seluruh keluruhan yang ada di Kota Serang segera menyiapkan skuadnya, karena turnamen tidak lama lagi diselenggarakan. “Panitia pun menyiapkan hadiah yang tak kalah menarik baik trofi maupun uang pembinaan,” ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Serang Jaya Cup I, Yoyo Wicahyono menerangkan, di ajang nanti tetap mengacu pada peraturan Liga 3. Seperti di mana usia pemain dibatasi.

“Tahun kelahiran 2001 sampai 2004. Berikutnya, setiap tim yang tampil hanya boleh mendaftarkan tujuh penggawa senior. Aturannya sama persis dengan Liga 3, karena muaranya kan untuk skuad Serang Jaya di kompetisi musim 2023,” tuturnya.

Nanti, lanjut Yoyo, panitia Serang Jaya Cup I akan segera melaksanakan sosialiasi ke kecamatan supaya pihak kelurahan memahami aturan turnamen nanti.

“Tapi kami masih menunggu kepastian tanggal terlebih dahulu dari pihak kepolisian karena perizinan sedang diurus. Begitupun surat rekomendasi dari Wali Kota Serang,” jabarnya.

Dirinya menambahkan, Serang Jaya Cup I sendiri dipastikan banyak manfaatnya. “Selain bisa memantau kualitas pesepakbola lokal Kota Serang, untuk mengisi kekosongan kompetisi yang sudah terlalu lama vakum. Ayo kita gairahkan lagi sepakbola lewat Serang Jaya Cup I,” pungkasnya.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Firo

Facebook Comments