Serentak, Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang Gelar Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional

0
93

PROGRAM Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) adalah pemberian imunisasi tambahan Campak-Rubela serta melengkapi dosis imunisasi Polio dan DPT-HB-Hib yang terlewat. BIAN melindungi Anak Indonesia dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, melakukan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) secara serentak di Aula Dema Tirta Mandalawangi, pada Senin (1/8/2022).

“Makna Bulan Imunisasi Anak Nasional atau disingkat BIAN ini adalah, bagian dari upaya pemberian imunisasi yang dilaksanakan secara terintegrasi yang meliputi dua kegiatan. Pertama, kegiatan Imunisasi tambahan berupa pemberian satu dosis Imunisasi Campak-Rubella secara massal tanpa memandang status Imunisasi sebelumnya kepada sasaran, sesuai dengan rekomendasi usia yang ditetapkan untuk masing-masing wilayah. Dan Kedua, kegiatan Imunisasi berupa pemberian Vaksin Campak dan Rubella. Jenis Imunisasi diberikan, untuk melengkapi status Imunisasi anak usia 9 bulan-12 Tahun,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani kepada Tuntas Media.

Dewi berharap, dengan dilaksanakannya kegiatan BIAN ini, bisa mengurangi bertambahnya penyakit Campak dan Rubella yang menyerang anak-anak di Kabupaten Pandeglang.

“BIAN ini akan kita lakukan, mulai dari tanggal 1 Agustus sampai 14 September 2022. Dan saya berharap, semoga dengan adanya kegiatan BIAN ini, bisa mengurangi penyakit Campak dan juga penyakit Rubella pada anak-anak di Kabupaten Pandeglang,” harap Dewi.

Sementara, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan agar seluruh anak-anak di Kabupaten Pandeglang terbebas dari campak dan Rubella.

“Semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan dapat mewujudkan anak-anak Pandeglang yang semakin sehat. Baik secara jasmani, dimana memiliki kekebalan tubuh yang optimal terhadap berbagai macam penyakit. Sehingga pada akhirnya, akan mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat Pandeglang menuju Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini,” katanya.

Selanjutnya, kata Irna, Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang dilaksanakan pada hari ini, diharapkan menjadi sarana sosialisasi dan koordinasi penggerakan masyarakat dalam eliminasi penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi (PD3I) khususnya di Kabupaten Pandeglang.

“Dan setelah pencanangan BIAN ini, saya berharap akan adanya komitmen dan dukungan dari semua sektor untuk dapat mensukseskan pelaksanaan program bulan Imunisasi Anak Nasional. Sehingga apa yang menjadi tujuan kita untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit-penyakit, dapat dicegah dengan imunisasi,” ujarnya. (ADV)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here