Tak Lama Lagi, Pandeglang Akan Miliki Kawasan Tambak Udang Nasional

0
125

BUPATI Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, bahwa Kabupaten Pandeglang akan memiliki kawasan shrimp estate untuk tujuan ekspor. Hal tersebut dikatakan Irna, usai menemui Menteri Kelautan dan Perikanan beberapa hari lalu.

“Insya Allah, Pandeglang akan mendapat dukungan pemerintah pusat untuk menjadi kawasan Shrimp Estate atau tambak udang nasional untuk tujuan ke luar negeri atau export,” kata Irna, Senin (25/9/2023).

Menurut Irna, rencana pembuatan kawasan Shrimp Estate atau tambak udang nasional ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan kesejahteraan, dan peningkatan daya saing sumberdaya sektor kelautan dan perikanan.

“Kabupaten Pandeglang memiliki potensi yang sangat besar di bidang kelautan dan perikanan, dengan garis pantai terpanjang di Provinsi Banten. Serta memiliki 51 Pulau dan sumberdaya perikanan tangkap, budidaya, dan pengolahan hasil perikanan. Maka dari itu, kami membutuhkan dukungan program dari pemerintah pusat untuk mengoptimalkan kontribusi terhadap tujuan pembangunan sektor kelautan dan perikanan,” terangnya.

Dirinya menerangkan, bahwa selain akan memiliki kawasan Shrimp Estate atau tambak udang nasional, pihaknya juga mengajukan usulan peningkatan 2 pelabuhan perikanan dan pembangunan pelabuhan perikanan Labuan.

“Usulan peningkatan status dan integrasi pelabuhan perikanan Cikeusik dan pelabuhan perikanan Binuangeun, menjadi pelabuhan perikanan Kelas B di Pantai Banten Selatan dan Pembangunan pelabuhan perikanan Labuan. Itu sudah diusulkan sejak Januari tahun 2022 lalu, oleh Pemprov Banten akan segera ditetapkan oleh bapak menteri,” ungkap Irna.

Irna berharap, rencana pembangunan kawasan shrimp estate atau tambak udang nasional, serta usulan peningkatan dan pembangunan pelabuhan perikanan di Pandeglang bisa menjadi program prioritas oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Pengelolaan sektor perikanan di Kabupaten Pandeglang ini, harus menjadi program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan. Agar potensi perikanan semakin berkembang dan optimal, untuk kesejahteraan masyarakat Pandeglang,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments