Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pandeglang Gelar Pelatihan Menjahit

0
82

DINAS Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang, melaksanakan pelatihan berbasis kompetensi (PBK) kejuruan menjahit di Workshop UPT Latihan Kerja, pada Senin, (25/09/2023).

Pelatihan adalah bagian dari pendidikan yang menyangkut proses belajar untuk memperoleh dan meningkatkan keterampilan, di luar sistem pendidikan yang berlaku dalam waktu yang relatif singkat, dan dengan menggunakan metode yang lebih mengutamakan praktik daripada teori.

Kompetensi merupakan salah satu hal penting yang harus dimiliki individu untuk melaksanakan tugas atau melaksanakan pekerjaan dengan baik. Tetapi tidak semua individu memiliki kualifikasi yang sesuai dengan permintaan dan tuntutan lapangan kerja. Kendala tersebut memacu lembaga pelatihan dalam menyediakan pelatihan berbasis kompetensi. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai upaya mempersiapkan peserta pelatihan yang memiliki kompetensi untuk memasuki dunia kerja.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Pandeglang, Mohamad Kabir mengatakan, pelatihan berbasis kompetensi program pelatihan vokasi dan produktivitas ini diselenggarakan mulai tanggal 25-29 September 2023, dengan metode pembelajaran yang bertempat di Disnakertrans UPT BLK Kabupaten Pandeglang.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para pencari pekerjaan, sehingga nantinya memiliki keterampilan dalam memperoleh pekerjaan, dan Terlaksananya peningkatan kompetensi calon tenaga kerja yang sesuai dengan skill based Industries dan produktivitas tenaga kerja, mereka mengikuti pelatihan melalui instruktur yang handal dan terpercaya,” ucapnya usai kegiatan berlangsung, Senin, (25/09/2023).

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan berbasis kompetensi ini sebanyak 16 orang berasal dari masyarakat Kabupaten Pandeglang, selain pelatihan menjahit, ada juga pelatihan lain seperti pelatihan tataboga dan pelatihan kelistrikan.

“Pemerintah Kabupaten Pandeglang berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, melalui pendidikan dan pelatihan maupun pelatihan teknis lainnya, dalam rangka mewujudkan masyarakat Kabupaten Pandeglang yang memiliki kompetensi, integritas serta daya saing dalam menghadapi arus globalisasi serta perkembangan teknologi yang semakin cepat,” tuturnya.

Menurut Kabir, Pelaksanaan pelatihan dalam kajian ini diselenggarakan untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta sikap sebagai upaya mempersiapkan warga belajar yang memiliki kompetensi untuk masuk dunia kerja.

“Dengan menguasai kompetensi seseorang akan lebih mampu menerapkan secara praktek semua pekerjaan sesuai dengan job description yang telah ditetapkan di tempat kerja. Kompetensi yang semakin tinggi dapat diukur dari semakin bertambahnya pengetahuan dan keterampilan serta semakin berkembangnya sikap yang semakin baik. Sedangkan ciri-ciri seseorang dengan kompetensi tinggi dapat dilihat dari beberapa indikator yaitu mampu menjalankan tugas sesuai standar pekerjaan, memiliki pengetahuan luas, memiliki kemampuan menguasai emosinya dengan baik,” pungkasnya.(ADV)

Facebook Comments