Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat, Puskesmas Mandalawangi Gelar Lokakarya Mini

0
18

LOKAKARYA Mini Lintas Sektor Puskesmas adalah salah satu ruang membangun komitmen, menyatukan misi para pemangku kepentingan diantaranya Camat sebagai Pemerintah Kecamatan, Kepala Desa sebagai representasi masyarakat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, dan Puskesmas sebagai Instansi Kesehatan untuk bekerjasama dalam peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

Untuk itu, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Puskesmas Mandalawangi menggelar kegiatan Lokakarya Mini Triwulan Lintas Sektoral di Aula Puskesmas Mandalawangi, pada Senin (27/5/2024).

“Kegiatan yang kami laksanakan pada hari ini, bertujuan untuk meningkatkan sinergitas dengan para stakeholder di wilayah Puskesmas Mandalawangi dalam bidang layanan kesehatan yang dilakukan setiap tiga bulan,” kata Kepala Puskesmas Mandalawangi, Elsa Mariana.

“UPT Puskesmas Mandalawangi melaksanakan Lokakarya Mini dengan melibatkan para lintas sektor antara lain Bapak Camat Mandalawangi yang diwakili oleh Bapak Sekretaris Camat Mandalawangi, Bapak Danramil Mandalawangi yang diwakili, Bapak Kapolsek Mandalawangi, Bapak Kepala KUA, Bapak Korwil, dan Kepala Desa se-Kecamatan Mandalawangi,” sambungnya.

Elsa mengatakan, bahwa pentingnya kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah ini untuk mensosialisasikan berbagai program kesehatan yang dimiliki hingga penanganannya untuk masyarakat melalui peran Puskesmas.

“Meningkatnya derajat Kesehatan Masyarakat menjadi tanggung jawab bersama secara kolektif semua sektor. Bukan hanya tanggung jawab sektor kesehatan, Puskesmas atau Rumah Sakit semata. Karena Kesehatan memiliki relasi dan dampak besar pada semua sektor, seperti ekonomi, pendidikan, sosial dan sebagainya,” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya lintas sektor ini, kata Elsa, diharapkan mendapat dukungan dan masukan dari lintas sektor dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik terhadap masyarakat.

“Pelaksanaan Lokakarya mini ini membahas Standar Pelayanan Minimum atau SPM, dan juga Kesehatan Ibu dan Anak atau KIA, serta Permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas di wilayah Mandalawangi,” ujarnya.

Redaktur : Fauzi
Reporter : Asep

Facebook Comments