Universitas Trisakti Praktik Lapangan di Pandeglang

0
537

SETELAH beberapa kampus ternama melakukan praktik kerja lapangan di Kabupaten Pandeglang, seperti IPDN Jatinangor dan IPB Bogor, kali ini Universitas Trisaksi juga mengirimkan ratusan mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Usaha Mandiri Ilmu Teknologi Terapan (KUM-ITT) hingga 27 Agustus mendatang.

Direktur Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LKPM) Universitas Trisakti Dr Ir Ady R. Tahrir, MA mengatakan, KUM-ITT merupakan kegiatan intrakulikuler dalam bentuk mata kuliah pilihan yang dilaksanakan dari 14-27 Agustus 2017.

“Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari tujuh fakultas di lingkup Universitas Trisakti dan dilaksanakan di enam desa dua wilayah kecamatan yaitu Desa Banjarwangi, Desa Sanghiang Dengdek, Desa Karyawangi di Kecamatan Pulosari, Desa Tenjolahang, Desa Sukacai dan Desa Banyuresmi di Kecamatan Jiput,” kata Ady R. Tahrir saat melepas 160 mahasiswa peserta KUM-ITT di Pendopo Pandeglang, Senin (14/08/2017) siang.

Ady menjelaskan, peserta KUM-ITT tahun ini berjumlah 160 mahasiswa dari Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, Fakultas Teknik Lingkungan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain.

“Program-program yang akan dilaksanakan yaitu Bidang Hukum, Ekonomi, Kesehatan, Lingkungan, Sosial Kemasyarakatan, Bidang Percontohan Fisik,” jelasnya.

Sementara, Bupati Irna Narulita mengaku, sangat mengapresiasi Universitas Trisakti yang memilih Pandeglang sebagai lokasi KUM-ITT.

Menurutnya, hadirnya KUM-ITT akan membawa inovasi baru untuk masyarakat desa yang ada di Pandeglang.

“Ini sangat sesuai dengan nawacita Bapak Presiden Jokowi membangun Indonesia dari pinggiran. Artinya ilmu terapan yang didapat di perguruan tinggi dapat dipraktekan langsung di masyarakat, salah satunya Pandeglang yang masih kategori daerah tertinggal,” ujar Irna.

Inovasi yang dibuat nanti, kata Bupati Irna, sangat membantu pembangunan ditingkat desa, baik dalam bidang pemerintahan dan perekonomian.

“Kami harap adik mahasiswa dapat memanfaatkan waktunya selama dua minggu dengan baik, sehingga membuahkan hasil selama KUM-ITT,” pungkas Bupati Irna.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Agus

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here