Validasi Basis Data, Pemkab Pandeglang Gandeng BPS Banten

0
13

BASIS data yang valid sangat dibutuhkan dalam penyelenggaraan pemerintahan, di antaranya data sosial dan ekonomi. Oleh sebab itu Pemkab Pandeglang menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten untuk melakukan kerja sama.

“Kita sangat butuh data statistik untuk penyelenggaraan pemerintahan seperti jumlah warga miskin, data penduduk, tingkat kemiskinan dan data pengangguran. Kita sekarang akan kerja sama dengan BPS,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin, usai rapat dengan BPS Banten di Ruang Pintar Setda Pandeglang, Jumat (21/05/2021).

Dikatakan Pery, kerja sama yang dilakukan dengan BPS ini akan ditindaklanjuti oleh tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, seperti Dinas Kependudukan dan Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik). “Semua data ini akan kita pusatkan di Diskomsantik, nanti semua OPD menyampaikan keterkaitan datanya ke Diskomsantik,” ujarnya.

Dengan terhimpunnya basis data, menurutnya tentu akan mudah mengakurasi dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh pemerintah daerah. “Setiap program kegiatan di OPD butuh data dari mulai sosial, ekonomi bahkan potensi daerah, ini akan memudahkan kami dan masyarakat pun akan dapat mengaksesnya,” lanjutnya.

Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Banten, Ridwan Hidayat mengatakan, kerja sama yang dibangun ini sangat membantu pencapaian tugas BPS sebagai salah satu pembina statistik.
“Dengan keluarnya Peraturan Presiden Nomor: 39 terkait Indonesia Satu Data mengatur fungsi kami sebagai pembina data statistik,” katanya.

Ia juga menjelaskan, yang dikerjasamakan dengan Pemkab Pandeglang yaitu terkait pemanfaatan data statistik. “Kami sangat senang sekali dengan upaya yang dilakukan Pemkab Pandeglang. Harapan kami semua OPD bisa menjadi produsen data yang nantinya akan disetorkan kepada Diskomsantik sebagai wali data,” pungkasnya.

Redaktur : D Sudrajat
Reporter : Ari

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here