Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Nurrotul Uyun

CILEGON – Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon, Nurrotul Uyun, kerap membagikan pengalamannya sebagai seorang politisi, khususnya kepada generasi muda di Kota Cilegon. Rabu 05 Juni 2024

Nurrotul Uyun yang merupakan politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, masyarakat di Kota Cilegon khususnya generasi muda, harus memiliki motivasi kuat terjun ke dunia politik untuk menjadi penerus dirinya dan juga para politisi yang telah duduk sebagai kepala daerah maupun anggota parlemen.

“Modal penting untuk menjadi politisi itu diantaranya yaitu dari kita sendiri harus punya keberanian, keberanian berfikir, keberanian bersikap dan keberanian mengambil keputusan,” kata Nurrotul Uyun

Politisi yang juga menjabat sebagai Ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Cilegon itu menuturkan, hal tersebut menjadi modal dasar yang sangat penting bagi setiap orang yang ingin terjun ke dunia politik.

Nurrotul Uyun mengatakan, setiap kita berani berfikir, maka kita harus sudah punya sebuah wacana untuk memiliki pemikiran yang tidak sama dengan yang lain.

“Artinya, konteksnya adalah kita punya pemikiran ingin diri kita ini bisa lebih bermanfaat lagi untuk orang banyak,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Nurrotul Uyun, dalam konteks lainnya, seorang politisi harus berani membuat dan mengambil sebuah keputusan.

“Kalau kita mau masuk ke ranah politik, maka kita harus sudah siap dengan segala resiko yang ada di dalamnya,” ucapnya.

Selain hal tersebut, menurut Nurrotul Uyun, ada hal yang paling penting sebagai modal untuk menjadi politisi, yakni bagaimana mengatur dan memanaje waktu.

“Yang paling penting adalah bagaimana kemudian kita bisa mengatur waktu itu dengan baik, karena kan yang mengatur diri kita sendiri, bukan orang lain,” ujarnya.

“Maka semua dari mulai jadwal kehidupan kita, kita yang mengatur. Bagaimana kemudian kita memanaje keluarga, kita juga yang mengatur itu, dan tentu saja komunikasi dengan pasangan (suami/istri) dan anak-anak, menjadi modal besar kita untuk bisa menghadirkan dukungan itu betul-betul kita dapatkan dari orang terdekat kita, dan keluarga besar menjadi sektor penguat yang akan menjadikan kita semakin yakin dengan pilihan kita untuk bisa beraktifitas di dunia politik,” tuturnya.

Tak sampai disitu, Nurrotul Uyun yang diketahui telah duduk sebagai Anggota DPRD Kota Cilegon selama dua periode itu juga menegaskan, agar setiap orang yang ingin terjun ke dunia politik untuk tidak berpikir berhenti saat menghadapi masa sulit dalam karirnya.

“Jangan pernah berpikir bahwa ketika sudah mengalami pada masa-masa yang sulit, kita ingin berhenti, tidak. Teruslah mencoba, teruslah mencari jalan keluar, ingat dan yakin diantara kesulitan yang kita hadapi itu ada banyak jalan keluar yang sedang dihadirkan,” ujarnya.

“Kita harus mengambil dan memilih jalan keluar itu agar bisa kita jadikan sebagai solusi untuk permasalahan yang kita hadapi, dan yakin kalau mindset kita positif, jalan keluarnya selalu ada. Dan kita pun juga harus selalu memberikan dan menunjukkan aura-aura positif, tidak hanya untuk diri kita, tapi juga untuk orang lain disekitar kita. Karena bersama kesulitan itu ada kemudahan,” pungkasnya. (ADV)