47 Hari Jelang Pemilu 2024, KPU Pandeglang Belum Terima Logistik Surat Suara

0
49

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, hingga saat ini belum menerima logistik surat suara untuk Pemilu 2024 mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Nunung Nurazizah, pada Kamis (28/12/2023).

“Di Provinsi Banten sendiri, Kabupaten Kota lain sudah menerima minimal 1 jenis surat suara. Akan tetapi Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak yang belum menerima satu pun jenis, padahal kabar yang kami terima jika tanggal 15 Januari 2024, semua jenis surat suara harus sudah diterima di gudang. Tetapi surat suara belum kami terima, dan kami hanya memiliki waktu tinggal 47 hari lagi menuju hari pemungutan suara,” katanya.

Nunung mengaku, dengan waktu yang sedikit dalam hal penerimaan surat suara, tentunya memerlukan kerja ekstra dari KPU Kabupaten Pandeglang. Selain itu, kata dia, pihaknya juga tidak bisa membayangkan jika 5 jenis surat suara datang bersamaan ke gudang logistik KPU Pandeglang sementara waktu dan tenaga pelipatan sangat terbatas.

“Jika berkaca pada Kabupaten Serang yang terlebih dulu menerima, mereka melakukan pelipatan dengan 80 orang dan hanya menghabiskan waktu 8 hari dengan jumlah surat suara sebanyak 1,2 juta surat suara. Sedangkan di Pandeglang, untuk satu jenis surat suara, estimasi kita sebanyak 1 juta. Jadi kalau kita menerima 5 jenis surat suara sekaligus, maka kami membutuhkan lebih dari 80 orang. Dan kami harus bekerja lebih giat dan lebih keras lagi, karena waktu yang semakin mepet tersebut,” ungkap Nunung.

Menurut Nunung, mengenai anggaran untuk menyewa gudang logistik pada setiap PPK, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU Banten.

“Sementara secara anggaran, kami belum melihat ada anggaran untuk sewa gudang di PPK. Dan untuk permasalahan logistik ini, kami sudah konsultasikan kepada KPU Banten,” ucapnya.

“Padahal, logistik harus sudah ada di TPS pada H-1 sebelum pelaksanaan pemungutan suara. Kami berburu dengan waktu, berburu dengan cuaca, dan kami belum begitu yakin mengenai gudang transit di PPK. Apakah aman atau tidak, dan kami sudah melakukan survey atau monitoring ke beberapa gudang yang disediakan oleh PPK, dan ada yang sama sekali belum memiliki gudang transit logistik,” sambung Nunung.

Nunung menyebut, jika tahapan yang akan dilaksanakan KPU Pandeglang ke depan yaitu, pengelolaan dan pendistribusian logistik.

“Sampai dengan hari ini, KPU Kabupaten Pandeglang baru menerima kelengkapan TPS, kelengkapan PPS, kelengkapan PPK, dan kelengkapan KPU untuk proses rekap nanti. Kemudian juga pada hari Sabtu kemarin, kami sudah ada Daftar Pasangan Calon (DPC), alat bantu tuna netra, form C hasil yang sudah lengkap dari PPWP, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Hanya saja kami belum melakukan sortir karena memang kegiatan lapangan yang begitu padat,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here