BAKAL calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany melakukan kunjungan silaturahmi dengan bertemu warga di Kabupaten Pandeglang, pada Kamis (18/4/202). Kedatangan mantan walikota Tangerang Selatan ini disambut Kesenian tari Bendrong Lesung.

Dari pantauan media, saat Airin tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Sejumlah kaum Ibu secara kompak nampak mengiringi kedatangan Airin dengan memukulkan alu ke lesung secara bersautan.

Menyikapi suasana yang penuh keramahan, Airin Rachmi Diany seketika menghampiri para Ibu yang memainkan alat musik tradisional Bendrong Lesung tersebut sambil bercengkerama. “Terima kasih, terima kasih Ibu,” ucap Airin kepada para Ibu.

Di sela-sela tatap muka dengan masyarakat, Airin mengatakan teringat saat orang tuanya pernah memainkan Bendrong Lesung di kampung halamannya di Banjar.

“Tadi saya lihat yang main Bendrong lesung, saya juga orang kampung, aslinya mah orang Banjar, Ciamis. Biasanya bapak saya suka nyanyikan lagu sambil ketok-ketok, ada lagu sabi lulungan,” ujar Airin.

Diketahui, Bendrong Lesung merupakan salah satu tradisi khas masyarakat pertanian di Provinsi Banten. Dalam pementasannya menggunakan sebuah Lesung. Lesung adalah alat penumbuk padi tradisional dan sering digunakan di desa-desa.

Awalnya, kesenian ini menjadi sebuah Tradisi dari masyarakat sekitar yang dimana pertunjukkannya di lakukan saat musim panen tiba. Adapun tujuan dari diadakannya Kesenian ini adalah untuk merayakan kegembiraan masyarakat atas keberhasilan panen selama musim panen berlangsung.

Sementara itu, Jubedah (45) salah seorang Ibu yang membawakan Bendrong lesung mengatakan, Bendrong Lesung tidak hanya di mainkan ketika menyambut panen raya saja. Namun juga di pentaskan untuk acara- acara lain, seperti pada saat menyambut tamu.

“Khusus menyambut Ibu Airin, ini juga kegembiraan warga dalam menyambut Ibu Airin. Alhamdulillah Ibu Airin juga senang lihatnya, apalagi kami warga sangat senang kedatangannya, Insya Allah Gubernur Banten kita,” pungkasnya.**

Facebook Comments