Jaga Keindahan Pantai, KPPC Operasi Sampah

0
17

JAGA keindahan Pantai Carita Kabupaten Pandeglang, Komunitas Peduli Pantai Carita (KPPC) melakukan operasi sampah sejauh 4 KM di Jalan Raya Carita-Pandeglang, Jumat (19/4/2024).

Yang ikut serta operasi sampah yakni, Balawista, Tahura Banten, Aldos, Polsek Carita, Koramil Carita, TNI AL, DLH Pandeglang, DKPP Pandeglang, PLN, dan para pihak lainnya.

Ketua KPPC, Franky Supriadi mengatakan, melakukan kegiatan bersih-bersih sampah bukan kali pertama. “Kami bukan kali pertama melakukan ini,” kata Franky, Jumat (19/4/2024).

Untuk saat ini kata Dia, aksi operasi semut di pinggiran jalan Raya Carita-Pandeglang. Karena yang di wilayah pantai sudah dari pagi hari.

“Untuk sekarang bersama-sama dengan para pihak yang ikut serta kita lakukan di pinggir jalannya, karena yang di pantai sudah dari pagi,” katanya.

Saat libur Lebaran Idul Fitri ungkapnya, hasil pendataan Balawista, wisatawan yang datang ke Carita mencapai 73 ribu orang.

“Hitung rata-rata 1 orang 1 Kg sampah dikali 73 ribu wisatawan, sudah berapa Ton sampah yang tumpah ke Carita,” katanya.

Maka dari itu tegasnya, supaya tak berceceran baik ke pantai maupun sungai dan lingkungan serta jalan, perlu adanya kesadaran bersama untuk membersihkannya.

“Sampah faktor utama merusak lingkungan, maka dari itu harus ada pencegahan dan kesadaran bersama untuk membersihkan,” katanya.

Ia menyatakan, mengapresiasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pandeglang sudah mau terjun bersama pihaknya.

“Alhamdulillah, baru kali ini ada OPD berbaur bersama kami ikut serta peduli terhadap lingkungan. Kami sangat mengapresiasi,” tandasnya.

Sementara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, Ratu Tanti mengaku sangat mengapresiasi langkah yang tersebut. Bahkan Dia menyatakan bangga kepada gerakan KPPC.

“Ini sungguh luar biasa bagi kami, sangat peduli terhadap lingkungan hidup. Ini bukti masyarakat sudah menyadari lingkungan hidup tanggungjawab semua, bukan hanya Pemerintah,” katanya.

Langkah kedepannya pihaknya bakal tetap melakukan edukasi terhadap masyarakat agar selalu bersama-sama menjaga lingkungan.

“Kami bakal terus melakukan edukasi bagiamana menciptakan lingkungan yang baik dan sehat. Dan tak sampai di sini kita bakal lakukan susur sungai dan lainnya,” tandasnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments