Bupati Irna Minta Kecamatan Pandeglang Jadi Pilot Project Pelayanan Publik

0
1180

KECAMATAN Pandeglang yang merupakan pusat kota di Kabupaten Pandeglang harus menjadi pilot project atau proyek percontohan bagi kecamatan lainnya. Salah satu pilot project yang bisa ditiru kecamatan lain adalah soal pelayanan publik.

“Di sini (Kecamatan Pandeglang, red) akses sudah cukup bagus, jadi pelayanan kepada masyarakat harus lebih mudah, murah dan cepat,” pinta Bupati Irna Narulita saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Pandeglang, Rabu (21/03/2018) pagi.

Selain itu dirinya meminta para lurah di Kecamatan Pandeglang lebih banyak di lapangan untuk menampung aspirasi masyarakat. Dengan begitu diharapkan tidak ada permasalahan yang tersumbat.

“Keluhan yang disampaikan masyarakat dapat disampaikan melalui kelurahan. Saat lurah ada di lapangan, Seklur (Sekretaris Lurah, red) harus standby di kantor menggantikan lurah,” imbaunya.

Sementara, Camat Pandeglang, Melydiah Rahmawati mengatakan, tengah mengembangkan Sistem Manejemen Pelayanan Terpadu (Simpadu) berbasis dalam jaringan (daring) untuk meningkatkan dan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Di Simpadu ini dapat diakses masyarakat terkait perizinan maupun non perizinan, kinerja pegawai, laporan kegiatan per jam yang dilakukan ASN,” kata Mely.

Menurut dia, dengan adanya aplikasi daring ini dapat mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat, salah satunya pelayanan untuk pengantar pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Untuk buat pengantar KTP, masyarakat tinggal daftar online, setelah itu tinggal screenshoot bawa ke kecamatan dan langsung perekaman jadi tidak perlu ngantri,” ucapnya.

Bahkan, saat ini di wilayahnya bisa dilihat kinerja pegawai mulai dari Camat, Sekmat, Staf Kecamatan, Lurah, data kegiatan, laporan kegiatan hingga surat masuk. “Data warga saat ini sedang dalam proses,” tambahnya.

Redaktur : Dendi
Reporter : Ari

Facebook Comments