Bupati Pandeglang : Linmas Miliki Peran Penting di Masyarakat

0
96

PERLINDUNGAN Masyarakat (Linmas) merupakan garda terdepan dalam mempertahanan keamanan lingkungan masyarakat. Karena Linmas memiliki tugas untuk menjaga lembur (kampung) guna keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Peran Hansip sangat penting dalam menjaga kondusifitas di masyarakat, untuk itu saat ini Linmas diberi pelatihan dasar,” ujar Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat memberikan arahan dalam acara pelatihan Sat Linmas Desa di Kecamatan Panimbang, Rabu (11/04/2018).

Kata dia, dalam membangun sebuah daerah sangat sulit jika tidak ada kebersamaan dan kemajuan daerah bisa berawal dari desa. “Kita jaga persatuan dan kesatuan dan kondusifitas di kampung kita. Hansip-lah yang dapat mendorong itu terwujud di kampung masing-masing,” ucapnya.

Menurut dia, jika berbicara kesejahteraan, para Hansip ini jauh dari harapan yang diberikan oleh desa. Tetapi dirinya berharap, tidak hanya orientasi kepada uang, apa yang dilakukan saat ini dirinya yakin ada nilai ibadah.

“Tapi saya minta kepala desa juga meningkatkan kesejahteraan untuk para Linmas, karena mereka jelas kerjanya, ” sarannya.

Sementara, Kasat Pol PP Pandeglang, Dadan Saladin menjelaskan, kegiatan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas Linmas di desa. Menurut dia, para Linmas harus diberi pemahaman terkait tanggap darurat, evakuasi, pengamanan, dan kewaspadaan dini.

“Saat ini yang ikut pelatihan sebanyak 180 orang dari dua kecamatan, yaitu Panimbang dan Sobang. Jika didukung dengan anggaran, kagiatan ini akan terus dilakukan di tiap Kecamatan, ” kata Dadan.

Kades Citeureup, Kecamatan Panimbang, Oman mengatakan, dirinya memang sudah berencana menaikan kesejahteraan para Linmas. Namun hal itu, menunggu penambahan Dana Desa tahun depan. “Kami memang ingin menaikan honor para linmas, kader, dan Forum RT /RW,” tandasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments