Desa Bandung, Pandeglang Kembali Toreh Prestasi Paritrana Award 2023

0
122

DALAM rangkaian peringatan HUT RI Ke-78 tingkat Kabupaten, Kepala Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, kembali menuai prestasi.

Prestasi yang diperoleh kali ini, melalui penghargaan sebagai Paritrana Award Tahun 2023 sebagai desa terbaik dari pengelolaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa melalui unit usaha bidang jasa perbankan.

Penghargaan Paritrana diberikan langsung oleh Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Ahmad Dimyati Natakusumah, pada Kamis (17/8/2023).

Hal ini diraihnya karena, sebanyak 81,7 persen dari total angkatan kerja masyarakat di Desa Bandung telah tercover sebagai peserta aktif dari BPJS ketenagakerjaan tersebut.

“Selain daripada itu juga, ini adalah bukti dari peran Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang yang telah mendukung program ini untuk seluruh lembaga desa yang ada di Desa Bandung,” kata Kepala Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, Wahyu Kusnadiharja.

Menurut Wahyu, seluruh lembaga desa yang ada di Desa Bandung tersebut telah dijamin ketenagakerjaannya oleh program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan sehingga menjadi yang terbaik.

“Karena kami melakukan yg terbaik untuk masyarakat kami. Mulai dari penerimaan pendaftaran, pengurusan dokumen, sampai mengantar masyarakat kami yang menjadi ahliwaris dari peserta yg telah meninggal sampai ke tempat klaim BPJS melalui layanan yang ada di desa,” terangnya.

Wahyu mengatakan, bahwa ada beberapa langkah dan inovasi yang sudah dilakukan Pemerintah Desa Bandung untuk meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Layanan yang ada di desa tersebut, kami namakan layanan Jempol atau layanan Jemput Bola bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan dari kami sebagai Pemerintah Desa. Sehingga, masyarakat Desa Bandung menjadi lebih aktif untuk melakukan pembayaran di setiap bulannya,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here