Dompet Dhuafa dan BNI Syariah Panen Kerang Hijau di Serang

0
279

LEMBAGA Filantropi Dompet Dhuafa dan Yayasan Hasanah Titik BNI Syariah meresmikan “Rumah Kupas” sekaligus syukuran panen raya kerang hijau bersama para nelayan di Perairan Karangantu, Kota Serang, Banten, Rabu (18/04/2018).

Kegiatan ini adalah panen raya perdana dari program kerja sama yang digagas Dompet Dhuafa dan BNI Syariah di bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat dhuafa.

Partnership Manager Dompet Dhuafa Pusat, Sulis Tiqomah menjelaskan, pemberdayaan ini didanai dari dana zakat karyawan dan zakat perusahaan BNI Syariah.

“Kami senang program ini dapat mengangkat perekonomian masyarakat nelayan di Karangantu, di mana salah satu potensi alam di sini adalah kerang hijau,” katanya saat dikonfirmasi wartawan.

Sulis menambahkan, saat ini Dompet Dhuafa berfokus pada upaya memandirikan penerima manfaat secara ekonomi dengan intervensi program-program pemberdayaan yang digulirkan.

“Tujuan kita adalah mendampingi para penerima bantuan sampai mereka mandiri dan menjadi muzzaki (orang yang berzakat, red),” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Hasanah Titik BNI Syariah, Andrianto Daru Kurniawan mengaku, senang atas tercapainya salah satu tujuan sinergi ini, yaitu sebanyak-banyaknya mengangkat mustahik (penerima zakat) menjadi muzzaki.

“Kita telah menjalin berbagai kerja sama pendayagunaan dana zakat dengan Dompet Dhuafa, salah satunya program pemberdayaan kerang hijau di Kampung Tanggul Jaya, Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang,” jelasnya.

“Kami memilih bekerja sama dengan Dompet Dhuafa untuk memastikan bahwa dana zakat perusahaan sampai kepada delapan asnaf yang ditentuan agama. Portofolio Dompet Dhuafa sebagai lembaga pengelola dana zakat, sedekah, serta wakaf kan sudah teruji selama puluhan tahun, ini menjadi alasan kami untuk terus bersinergi melalui program-program lainnya,” tutupnya.

Sedangkan Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Banten, Abdurrahman Usman mengatakan, selain menyalurkan bantuan berupa bagan untuk nelayan, Dompet Dhuafa juga memberikan pendampingan berkala kepada nelayan.

“Alhamdulillah, para nelayan kita ini berikan anugerah laut yang bersih oleh Allah SWT. Hasil uji lab menunjukkan bahwa kerang hijau di wilayah Karangantu sangat layak konsumsi,” pungkas Usman.

Redaktur : Rizal Fauzi
Reporter : Farid

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here