PARTAI Demokrat resmi mendukung Andika Hazrumy di Pilkada Kabupaten Serang 2024. Dukungan tersebut direalisasikan melalui surat tugas yang diberikan kepada Andika, tanpa ada proses penjaring kandidat calon bupati atau wakil bupati Kabupaten Serang.

“Partai Demokrat menjadi partai yang pertama secara resmi mendukung Aa (sebutan Andika Hazrumy),” kata Ketua DPD Demokrat Banten Iti Octavia Jayabaya dalam sambutannya pada acara deklarasi dukungan dan penyerahan surat tugas calon Bupati Serang 2024 di kantor DPC Demokrat Kabupaten Serang, Senin 3 Juni 2024.

Hadir pada acara tersebut Sekretaris DPD Demokrat Banten Eko Susilo dan Plt Ketua DPC Demokrat Kabupaten Serang Azwar Anas. Mendampingi Andika, Sekretaris DPD Partai Golkar Banten Bahrul Ulum dan Ketua DPD Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim.

Dikatakan Iti, dukungan partainya kepada Andika didasarkan kepada jejak rekam Andika sebagai politisi yang terbukti mampu mengemban amanah kepemimpinan di daerah. Menurut Iti Andika telah membuktikan kemampuannya saat menjabat Wakil Gubernur Banten 2017-2022.

Selain hal tersebut, kata Iti, secara personal Andika merupakan sosok yang berpengalaman. Selain pernah menjabat Wagub Banten, Andika sebelumnya teruji sebagai Anggota DPD RI hingga DPR RI.

Dengan sudah diserahkannya surat tugas tersebut, Iti kemudian memerintahkan seluruh pengurus dan kader Demokrat di Kabupaten Serang untuk total memenangkan Andika di Pilkada 2024. “Pengurus dan kader Demokrat Kabupaten Serang mempunyai kewajiban menyosialisasikan Aa sebagai calon yang kita dukung dan harus menang,” kata Iti.

Sementara itu, Andika dalam sambutannya mengaku sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada partai yang dipimpin oleh Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY itu.

“Demokrat menjadi yang pertama melakukan dukungan secara resmi kepada saya. Untuk itu beribu-ribu terima kasih saya haturkan,” ujarnya.

Andika mengaku tidak asing untuk dapat bekerja bersama Demokrat jika kelak terpilih sebagai Bupati Serang. Sebab kata dia, Demokrat juga adalah partai pendukung saat dirinya maju sebagai calon Wagub Banten mendampingi Wahidin Halim sebagai calon gubernurnya, yang kala itu adalah politisi Demokrat.

“Jadi Demokrat adalah kawan lama buat saya dan Golkar,” ujarnya.

Untuk diketahui, Andika mendapatkan surat tugas tersebut atas usulan dari Demokrat Kabupaten Serang yang diteruskan Demokrat Provinsi Banten. Guna memuluskan dukungannya itu, Demokrat Kabupaten Serang sendiri tidak membuka penjaringan pada Pilkada Kabupaten Serang 2024.

Melalui surat tugas yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Teuku Rifky Harsya itu l, Andika diminta untuk melaksanakan komunikasi politik dengan partai-partai politik lainnya agar terpenuhi persyaratan dukungan minimal 20 persen kursi DPRD Kabupaten Serang.

Andika juga diminta mencari dan mengusulkan pasangan Calon wakil Bupati Kabupaten Serang 2024.

Berikutnya Andika diminta melaporkan hasil survey terkini dan koalisi Partai Politik yang sudah diperoleh kepada DPP Partai Demokrat, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. (*)

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo

Facebook Comments