DINAS Sosial Provinsi Banten melalui seksi Rehabilitasi Sosial Anak Lanjut Usia melaksanakan kegiatan Festival Kreativitas Anak yang di kemas dengan wisata sosial.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Banten Nurhana mengatakan, tujuan utama dilaksanakannya kegiatan tersebut tidak lain yaitu sebagai wadah anak-anak PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) untuk menyalurkan bakat dan kreativitasnya. Sehingga anak-anak PMKS dapat mengetahui objek wisata yang menarik khusus bagi anak, meski demikian mereka bisa berkesempatan untuk menikmatinya.

“Dalam Kegiatan Wisata Sosial dan Festival Kreativitas Anak PMKS ini kami melibatkan 150 anak tahun ini, dan dilaksanakan di kawasan wisata Jungle Land Adventure Theme Park, Bogor, Jawa Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Jaminan Sosial Keluarga, Budi Darma Sumapradja  menambahkan, bahwa anak-anak yang ikut pada kegiatan tersebut, selain mereka dapat berlomba untuk menampilkan kreativitasnya juga memberikan kesempatan kepada mereka (anak-anak PMKS) untuk dapat merasakan kebahagian yang semestinya mereka juga dapatkan, seperti anak-anak yang di kategorikan mampu.

“Wisata Sosial dan Festival Kreativitas Anak PMKS dengan tema “Wujudkan mimpi anak Banten dengan Mengaktualisasikan Kemampuannya” menampilkan lomba-lomba mewarnai gambar, kolase, menari, finger painting, memasukan bola dalam keranjang,” katanya.

Budi menuturkan, perlombaan tersebut dipilih karena pihaknya ingin memberikan nuansa bermain untuk anak-anak. “Dari kegiatan ini, kami harapkan dapat memberikan pembelajaran bagi semua bahwa semua anak-anak PMKS khususnya di Provinsi Banten mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam mengaktualisasikan kemampuannya,” tutur Budi.

Selain itu, tambah Budi, kegiatan semacam ini merupakan bukti perwujudan komitmen Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Banten terhadap akselerasi Pembangunan sektor Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial,” pungkasnya.

Peserta dalam kegiatan Festival Kreativitas Anak PMKS terdiri dari beberapa cluster antara lain anak Balita terlantar, Anak Terlantar, dan anak Jalanan. (*)

Redaktur: Dendi S
Reporter: Rizal Fauzi

Facebook Comments