SEBAGAI upaya mempererat kekeluargaan, puluhan komunitas penggiat kemanusian di Provinsi Banten, menggelar Jambore Relawan akhir pekan ini.

Kegiatan yang bertajuk “Membangun Jiwa Kerelawanan yang Mandiri dan Solid tersebut digelar 3 hari 2 malam mulai Jumat-Minggu (20-22/12/2019) di Bumi Perkemahan Cikujang Tanjung Lesung Pandeglang.

“Ada puluhan bahkan ratusan komunitas relawan di Provinsi Banten, mereka bergerak sendiri-sendiri dan mandiri,” ujar Ketua Pelaksana Jambore, Aank Ahmad,  saat ditemui usai rapat persiapan terakhir Jambore Relawan 2019, di Pandeglang, Selasa (17/12/2019).

Direktur Pandeglang Care Movement tersebut juga mengatakan, terdapat sebanyak 140 relawan yang sudah konfirmasi dan akan mengikuti kegiatan berkonsep outdoor ini.

“Jambore ini juga sebagai wahana sharing dan upgrading keilmuan kerelawanan juga tanggap bencana. Selain itu di kegiatan ini juga kita akan saling mengenal antar penggiat di komunitas yang berbeda,” tambahnya.

Jambore Relawan ini, menurut Aank diharapkan dapat menyatukan visi serta langkah gerak yang lebih terstruktur dari komunitas relawan di Provinsi Banten.

Selain itu, panitia juga akan membagikan santunan dan kegiatan sosial di daerah yang pernah terpapar tsunami Selat Sunda 2018 lalu itu.

“Mudahan-mudahan kumpul kita nanti juga memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang juga menjadi korban tsunami tahun lalu,” tandasnya.

Selain itu, acara tersebut juga akan diisi tahlil peringatan setahun Tsunami Selat Sunda, malam keakraban juga hiburan.

“Selain sharing kita juga akan mengisi acara dengan kegiatan-kegiatan yang memperkuat ukhuah dan keakraban antar aktivis dan relawan kemanusian yang hadir, melalui game dan talkshow,” tambah Yosep Aulia Rahman seksi acara Jambore Relawan Banten 2019.

Kegiatan ini disuport secara swadaya oleh peserta dan sumbangsih mandiri dari personal relawan dan komunitas.

“Sebagai penutup, dalam acara tersebut akan dicanangkan petisi kemanusiaan oleh para relawan sebagai bentuk soliditas dari komunitas-komunitas relawan di Banten,” pungkasnya.

Redaktur: Fauzi

Reporter: Fauzi

Facebook Comments