Ikut Rapid Test, Puluhan Wartawan di Pandeglang Non Reaktif Covid-19

0
231

PULUHAN wartawan di Kabupaten Pandeglang dinyatakan non reaktif Covid-19, usai menjalani rapid test yang digelar di Halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Rabu (10/06/2020).
Rapid test ini dilayani empat petugas Dinas Kesehatan dengan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD), yang diikuti 25 wartawan dari berbagai media.

Screening Covid-19 bagi awak media dilakukan karena profesi wartawan kerap turun langsung bertemu narasumber yang berpotensi membawa virus, sehingga berisiko terpapar virus corona. Sebab, narasumber yang diwawancarai tidak semuanya dalam kondisi sehat atau terbebas dari virus korona, begitu juga dengan tempat yang disinggahi selama meliput peristiwa.

“Untuk hari ini kita melakukan screning awal dalam menghadapi tatanan hidup baru diera aman Covid-19 yang kita peruntukan pada para jurnalis, karena teman-teman kita yang merupakan jurnalis adalah pelayan masyarakat yang kontak langsung dengan masyarakat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pandeglang, Raden Dewi Setiani.

Dewi menegaskan, hasil yang didapat para jurnalis usai menjalani tes adalah non reaktif. Meski non reaktif, Dewi mengimbau kepada para jurnalis agar tetap menerapkan protokol kesehatan ketika bekerja.

“Mereka bekerja meliput kegiatan yang ada dimasyarakat kemudian tanpa menyadari bahwa disana banyak virus, makanya kita ingin teman-teman media juga siap mengahadapi New Normal dan dipastikan sehat, dan Alhamdulillah hasilnya non reaktif semua,” tegasnya.

Ketua PWI Pandeglang, Iman Faturahman, meminta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk melakukan rapid test kepada para jurnalis yang bertugas. Menurutnya, tugas jurnalis hampir sama dengan petugas kesehatan.

“Mereka selalu berhubungan langsung dengan banyak orang ketika bekerja dan kita tidak tahu siapa saja yang ditemui. Mereka sehat atau tidak, sehingga ini perlu adanya rapid test, dan hasilnya sendiri Alhamdulillah semuanya tidak ada yang reaktif,” terangnya.

Ia berharap, tidak ada wartawan di Kabupaten Pandeglang yang terpapar Covid-19. Meski begitu, ia juga meminta agar kepada rekan-rekan jurnalis selalu mentaati imbauan pemerintah.

“Meskipun hasilnya non reaktif teman-teman selalu mematuhi imbauan pemerintah, terkait selalu menggunakan masker, membawa hand sanitizer, jaga jarak, dan cuci tangan, agar terhindar dari Covid-19,” pungkasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments