KEBERADAAN Banten International Stadium (BIS) di Kota Serang yang telah dibangun Pemerintah Provinsi Banten mendapatkan perhatian bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany.

Bahkan ketika wartawan meminta tanggapan BIS yang dinilai terbengkalai, sebagai kandidat di Pilkada Banten, Airin menyampaikan gagasannya.

Usai pemaparan visi misi di Kantor DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banten, Senin (20/5/2025), Airin menilai, Banten International Stadium bisa menjadi salah satu ikon di Kota Serang, ibukota Provinsi Banten. “Saya ingin, ada ikon di Kota Serang yang bisa menjadi kebanggaan, dan itu bisa difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Banten,” kata Airin kepada wartawan.

Airin mengaku mendapat aspirasi dari masyarakat di Kota Serang, perihal masing kurangnya ruang terbuka hijau. “Kita punya Banten International Stadium, di belakangnya ada lahan 60 hektare. Bagaimana ke depan, kita manfaatkan sebagai ruang terbuka hijau,” ujar Airin.

Salah satu gagasan yang disampaikan Airin adalah pembangunan Central Park di sekitar BIS. Ia ingin, kawasan tersebut bisa menjadi pusat pelatihan olahraga, tidak hanya sepakbola. Kemudian dibangun pula jogging track, sarana pesepeda, serta ada ruang untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Selain itu, kata Airin, di kawasan Banten International Stadium juga bisa menjadi MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) sehingga banyak pontensi pendapatan daerah dan terjadi geliat ekonomi masyarakat. “Kita bisa memasukan event-event tertentu, sehingga di Kota Serang bisa menjadi MICE,” ujarnya.

Kemudian dengan keberadaan Banten International Stadium, perlu didorong kegiatan nasional dan internasional ke Kota Serang. “Banten bisa menjadi tempat event nasional dan internasional. Tempat tersebut juga bisa menjadi tempat, berkumpulnya masyarakat. Ini tentu juga dalam rangka menghadirkan rasa bahagia dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Saat diskusi pemaparan visi misi, para praktisi yang dijadikan panelis oleh DPW PKB Banten, juga menyampaikan masalah Banten International Stadium. Menurut Ketua DPW PKB Banten, panelis dihadirkan untuk menyampaikan kritik dan saran terhadap visi misi yang disampaikan para bakal calon gubernur Banten.

“Panelis cukup kritis, tapi cukup bisa dijawab semua oleh Ibu Airin,” ujarnya.(*)

Redaktur: Fauzi

Reporter: Firo