Jelang Idul Adha, Hewan Kurban di Pandeglang Mulai Diawasi

0
107

DINAS Pertanian Kabupaten Pandeglang akan memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang Idul Adha 1440 Hirjiah. Pengawasan tersebut dilakukan karena seringnya terdapat penyakit berbahaya yang menyerang hewan kurban.

Kepala Bidang Peternakan Distan Pandeglang, Dyah Lukitaningsih mengatakan, pemeriksaan dilakukan dua pekan sebelum Hari Raya Idul Adha. Pemeriksaan ini dilakukan karena sering ditemukannya penyakit berbahaya, seperti antraks.

“Biasanya kita mulai pemeriksaan hewan dua minggu sebelum Idul Adha. Adapun penyakit paling diawasi itu penyakit antraks, karena itu bisa menular kepada manusia dan menimbulkan kematian pada hewan,” kata Dyah, Rabu (05/07/2019).

Pihaknya mengimbau, para pedagang agar tidak membeli hewan ternak di beberapa kota yang pernah terserang penyakit antraks. “Ada daerah-daerah yang sudah terkena dengan penyakit antraks seperti Bogor, Banyuwangi, Purwakarta, Sukabumi, dan Boyolali. Kepada para pedagang kalau mau beli hewan ternak jangan di daerah tersebut,” imbaunya.

Dyah mengatakan jika Kabupaten Pandeglang untuk saat ini masih terbebas dari peredaran penyakit antraks. Tetapi meski begitu pihaknya tetap menyampaikan imbauan kepada seluruh pedagang hewan kurban untuk berhati-hati. “Insya Allah kebetulan untuk di Pandeglang masih terbebas dari penyakit antraks. Biasanya juga kita periksa, kita juga suka melakukan kordinasi dengan beberapa pihak dari rumah potong hewan penjual hewannya dan beberapa lapak di jalan,” ucapnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments