KemenPAN-RB Dorong Pemkab Serang Segera Wujudkan MPP

0
50

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang segera mewujudkan Mal Pelayanan Publik atau MPP. MPP sebagai akselerasi dalam mengintegrasikan antar organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten Serang dalam mengimplementasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Hal tersebut disampaikan Staf Ahli Bidang Budaya Kerja KemenPAN-RB Abdul Hakim usai kunjungan kerja (kunker) bersama Staf Khusus Menteri Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Wanto Sugito ke Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosatik) Kabupaten Serang pada Rabu, 31 Mei 2023. “Kita silaturahmi sekaligus diskusi bagaimana kita mendesain agar terjadi akselerasi layanan publik khususnya di Kabupaten Serang,”ujarnya.

Abdul Hakim bersyukur, berdasarkan hasil diskusi Pemkab Serang sudah mempunyai rencana kedepan mengoptimalkan pelayanan khususnya tengah dibangunnya Mal Pelayanan Publik (MPP) di Kabupaten Serang. ”Itu kan sudah di planning tinggal nanti tadi kita juga sudah diskusi ada rencana integritas lintas OPD dan unit, sehingga kedepan bisa menjadi percepatan yang cukup baik di Kabupaten Serang,”ungkapnya.

Staf Khusus Menteri PAN-RB Bidang Pelayanan Publik Wanto Sugito mengatakan dalam diskusi selain mendorong percepatan pendirian MPP Kabupaten Serang juga mendiskusikan bagaimana akselerasi SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang.

”Kami juga mengawal bagaimana MPP bisa segera di wujudkan di Kabupaten Serang, supaya bisa menjadi ujung tombak pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu juga terkait manajemen ASN kita diskusikan, kita ingin mendapatkan masukan untuk nanti menjadi bahan kami di Kemen PAN RB untuk merumuskan kebijakan,”paparnya.

Sekadar diketahui, kunker Staf Ahli Bidang Budaya Kerja KemenPAN-RB Abdul Hakim bersama Staf Khusus Menteri Bidang Pelayanan Publik KemenPAN-RB, Wanto Sugito diterima langsung oleh Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna, Kepala Bidang (Kabid) Aptika Ari Arumansyah, Kabid KIP Boyatno dan Kabid Sanditik Ayu Mira Kusumaningtyas.

Kepala Diskominfosatik Kabupaten Serang Haerofiatna mengatakan perwakilan Kemen PAN RB salah satu kunjungannya untuk melihat SPBE di Kabupaten Serang, dimana saat ini sedang membuat regulasi dalam bentuk peraturan daerah atau perda. Kemudian Pemkab Serang juga akan membentuk Peraturan Bupati (Perbup) tentang percepatan SPBE dan membuat tim lintas agar SPBE berjalan dengan baik dan cepat.

”Mungkin amanat dari KemenPAN-RB juga masalah SAKIP dan lainnya agar ini berjalan dengan baik, dan sesuai dengan aturan yang di harapkan oleh Ibu Bupati Serang,”ujar Haerofiatna.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments