Sekda Kabupaten Serang Ajak ASN jadi Contoh dalam Pengamalan Pancasila

0
47

SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri mengajak para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi contoh kepada masyarakat dalam mengamalkan Pancasila bukan hanya di lingkungan pekerjaan, tetapi juga di lingkungan masyarakat. Terlebih pada momentum Hari Lahir (Harlah) Pancasila 1 Juni 2023.

“Untuk ASN tentunya ini harus menjadi momentum yang lebih dibanding dengan komponen bangsa,”kata Entus usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Halaman Pendopo Bupati Serang pada Kamis, 1 Juni 2023.

Karenanya ASN adalah penyelenggara negara, kata Entus, aparatur harus menjadi contoh di dalam pengamalan pancasila di dalam kehidupan sehari-hari. “Bukan saja aktivitas di kantor, tapi di lingkungan masyarakat harus mencerminkan sebagai aparatur yang baik yang perilakunya sesuai dengan nilai-nilai pancasila tadi,”ucapnya.

Terlebih papar Entus, pelaksanaan upacara peringatan hari lahir pancasila 2023 sebagai bangsa Indonesia tentunya bangga bersyukur mempunya falsafah negara, dasar negara, ideologi negara yaitu pancasila yang sudah mempersatukan keragaman bangsa terdiri dari berbagai macam suku bangsa, berbagai macam bahasa, dan budaya tentunya. “Tetapi alhamdulillah sejak kemerdekaan bangsa Indonesia memiliki daya rekat yang luar biasa karena falsafahnya pancasila,”tandasnya.

Dengan demikian kedepan, Entus juga mengajak kepada semua elemen masyarakat harus lebih mengaktualisasikan kembali nilai-nilai pancasila agar seluruh komponen bangsa bisa bersatu padu dalam membangun bangsa Indonesia. Maka diperlukan kebersamaan, gotong royong di dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa bernegara. “Sehingga cita-cita pendirian negara bisa kita wujudkan secara bersama-sama,”tuturnya.

Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2023 yang bertemakan “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global” berlangsung khidmat tersebut dihadiri para pejabat eselon II, III dan pejabat fungsional di lingkungan Pemkab Serang.

Senada disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik atau Bakesbangpol Kabupaten Serang Epi Priatna. Kata dia, ASN harus menjadi contoh dan betul-betul mengamalkan pancasila secara konsisten dan secara baik. Artinya dengan memperingati hari lahir pancasila ini tentunya semua bangsa, masyarakat harus punya komitmen yang tinggi untuk benar-benar pertama memegang teguh persatuan dan kesatuan itu suatu yang sangat harus kita pertahankan dalam kondisi apapun juga.

“Karena kalau sudah bersatu semuanya akan mudah dan tujuan bangsa negara Indonesia ini akan tercapai masyarakatnya adil, makmur, sejahtera dan Insya lah selalu bersatu,”ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Iroh

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here