KPU Pandeglang Siapkan 80 Orang Untuk Lipat Surat Suara

0
58

KPU Pandeglang menerima sekitar 1.019.000 surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) di gudang logistik KPU Pandeglang.

Setelah kedatangan logistik pemilu berupa surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang gerak cepat lakukan penyortiran dan pelipatan.

Selama proses penyortiran dan pelipatan, Ketua KPU Kabupaten Pandeglang, Nunung Nurazizah memperkerjakan sekitar 80 orang.

“Hari ini kami mulai melakukan pelipatan, adapun untuk tenaga pelipat kami siapkan sebanyak 80 orang dengan 15 meja. Jadi per mejanya itu 5 sampai 6 orang,” kata Nunung, Kamis(4/1/2024).

Nunung menyebut, untuk mempercepat proses pelipatan, pihaknya membebankan kepada tiap satu pekerja untuk mampu melipat sebanyak 2000 lembar surat suara per hari.

Hal tersebut dilakukan, agar bisa mengejar waktu deadline, karena penerimaan logistik surat suara untuk KPU Pandeglang terbilang cukup telat.

“Untuk target per orang 2000 surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) perhari, karna memang waktu kita juga sangat mepet,” ucapnya.

Ia juga mengatakan, bahwa KPU Kabupaten Pandeglang menargetkan jika proses pelipatan surat suara PPWP ini berlangsung selama enam hari ke depan, terhitung sejak tanggal 4 sampai 9Januari 2024.

“Kami juga mendeadlinekan pelipatan surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP) ini hanya 6 hari saja, karena memang ukuran surat suaranya kecil, kemudian juga cukup mudah,” ungkap Nunung.

“Tetapi kalau untuk surat suara DPR, DPD, itu karena ukuran surat suaranya besar, maka kami targetkan selama 8 hari. Tapi itu target awal saja, mungkin bisa lebih cepat,” sambungnya.

Nunung mengaku, sejauh ini pihaknya agak sedikit mengalami kendala yang berasal dari para pekerja selama proses penyortiran dan pelipatan kertas.

Menurutnya, pihaknya cukup kesulitan menemukan pekerja yang kompeten, sehingga mempengaruhi pada kecepatan kerja pelipatan surat suara tersebut.

“Memang agak sulit ya, karena memang susah nyari yang kompeten jadi agak lama. Nanti mungkin bila perlu kita akan tambah pekerja, dan yang penting juga kita harus benar-benar teliti pada surat-surat suara yang cacat,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments