Mengenal Ranu, Chef yang Makin Terkenal

0
661
Foto : Farid Wudjy/ tuntasmedia.com

NAMA Chef Ranu belakangan ini makin terkenal sebagai salah seorang juru masak handal di tanah air, tak terkecuali di Banten. Nama Ranu sudah cukup di kenal, termasuk di instansi-instansi pemerintahan di Banten.

Rupanya hobi memasak sudah ia lakukan sejak di bangku sekolah. Pada tahun 2010 bakat memasaknya makin menterang dan sering diundang untuk mengisi acara di berbagai daerah di Indonesia. Nama Ranu makin melekat di kalangan komunitas ibu-ibu TP-PKK saat berada di Provinsi Jawa Timur yang diketuai Hj Nina Soekarwo. Namanya juga sering menghiasi sejumlah media, baik cetak maupun elektronik.

Chef Ranu sendiri sudah digandeng beberapa produk terkenal di antaranya Fiesta Nugget, Maspion Group, Maxim, Tepung Kobe, Tepung Sajiku, Ajinomoto, Minyak Tropical, Bimoli dan produk lainnya. Ia juga pernah tampil di beberapa media sebagai tamu untuk mengisi acara diantaranya Tabloid KOKI, Tabloid Wanita Indonesia, Bisnis Indonesia, Majalah Puspa, SUMUT Post, DISKOM INFO dan acara Dapur Ramadhan TRANS7.

Pada tahun 2015 Museum Rekor Indonesia (MURI) menawarkan project membuat kreasi 100 mie dalam waktu tiga jam. Sebelumnya beberapa chef telah ditawari namun umumnya tidak sanggup. Bagi Chef Ranu, inilah saatnya membuktikan dirinya sebagai chef. Ia menerima tantangan tersebut, dan ia pun berhasil menyelesaikannya dengan 100 resep mie. Maka jadilah ia sebagai pemegang pemecah rekor MURI tersebut.

Kini nama Ranu sudah sejajar dengan chef lain yang ternama di Indonesia. Hal ini juga membuktikan bahwa tanpa pendidikan formal pun, selama ada bakat, kemampuan bisa mentereng. Siapa yang menyangka bahwa seorang Chef Ranu hanya lulusan SMK. Uniknya, Ranu memulai hobi memasaknya dengan menggunakan bahan singkong.

Semua itu dilakukan karena keterbatasan ekonomi. Namun keterbatasan itulah yang akhirnya membawa Chef Ranu mulai terkenal masyarakat. Saat ini, Chef Ranu sedang merintis usaha wedding organizer dan sebagai pendiri Jajanan Sehat Banten (Jaseba).

Berbagai pujian kini dialamatkan kepada Ranu. Banyak kalangan yang mengaku kagum terhadap kerja keras dan kemampuan Ranu. Salah satunya adalah Maya Rani Wulan. Kabid Kebudayaan Disdikbud Kota Serang ini mengatakan, Chef Ranu merupakan sosok yang mempunyai pribadi yang baik, ramah, kreatif, ulet dan inovatif. “Saya berharap, kuliner Provinsi Banten melalui tangan terampil Chef Ranu,” papar Maya.

Redaktur : Dendi
Reporter : Farid Wudjy

Facebook Comments