PDAM Pandeglang : Target Perbaikan Pipa Air Sepanjang 620 Meter Ditargetkan Rampung Satu Bulan

0
44

PROYEK pergantian pipa induk PDAM Tirta Berkah di Cikoromoy sepanjang 620 meter ditarget selesai satu bulan.

Direktur PDAM Tirta Berkah Ujang Sumawinata mengatakan, sebetulnya targetnya lebih cepat lebih baik.Namun pihak pelaksana telah berjanji menyanggupi pekerjaan tersebut bisa selesai satu bulan.

“Perbaikan sekarang 620 meter, dulu itu pakai pipa PPC, dan kemarin mau pakai pipa HPV dengan panjang ribuan kilo. Tapi sekarang kita ganti dengan pipa besi atau blackstill, supaya kekuatanya lebih tahan lama,” kata Ujang Sumawinata, saat ditemui lokasi perbaikan pipa, Kampung Cikoromoy, Desa Batubantar, Kecamatan Cimanuk, Senin (28/09/2020).

Menurut Ujang, pergantian pipa induk tersebut, karena sering mengalami kebocoran, sehingga air sering tidak mengalir ke wilayah diantaranya Kecamatan Cimanuk, Kaduhejo, Majasari, Cadasari dan Pandeglang.

Pipa induk ini hampir puluhan tahun belum pernah mendapatkan perbaikan. Apalagi, kata dia, pipa yang harus diganti itu sebetulnya sepanjang 3.000 meter. Tetapi, PDAM Tirta Berkah belum memiliki anggaran untuk mengganti pipa sepanjang itu, sehingga pelaksanaan penggantian akan dilakukan secara bertahap.

“Untuk target rampung memang tiga bulan, tapi mudah-mudahan target satu bulan, dengan saluran yang bagus. Jangan cepat-cepat nanti tidak bagus, tapi kita harapkan cepat dengan kualitas bagus, agar tidak mengganggu arus lalu lintas dengan terlalu lama,” terangnya.

Ia juga menuturkan, setelah pipa sepanjang 620 meter terpasang akan langsung melakukan pengetesan, agar mengetahui apakah ada kendala atau tidak.

“Nanti setalah terpasang langsung dites, ini kan menyangkut pelayanan. Jadi harus benar-benar langsung dilakukan pengetesan,” pungkasnya.

Sementara itu, pelaksana lapangan CV. Sangga Raksa, Anda Ariana mengatakan, pihaknya akan melakukan percepatan proyek pipa air tersebut dengan terget satu bulan dari waktu yang ditentukan, yakni 90 hari kerja. Ia juga menerangkan, adapun untuk kendalanya yaitu musim penghujan yang melanda pandeglang beberapa hari terakhir, yang mengakibatkan galian pipa terendam air.

“Kendalanya ya hujan, jadi galian dipenuhi air. Kalau di paksakan takut terkena pipa yang lama. Dan kita usahakan proyek ini akan rampung selama satu bulan, sekarang baru 20 hari pengerjaan,” singkatnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here