Pelaku Usaha Wisata Cinderamata di Pandeglang Diberi Pelatihan

0
253

PELAKU Usaha Pariwisata Cinderamata di Kabupaten Pandeglang, diberi pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, yang bertempat di Topi Bambu Foundation, Selasa (11/12/2018).

Pelatihan ini diselenggarakan sebagaimana amanat intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2009, tetang pengembangan ekonomi kreatif, bahwa pengembangan ekonomi kreatif didasarkan pada kreatifitas, keterampilan dan bakat individu untuk menciptakan daya kreasi dan daya cipta individu, yang bernilai ekonomis dan berpengaruh pada kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan sektor ekonomi kreatif diharapkan dapat memberikan kontribusi, terhadap pemberdayaan ekonomi lokal, dan menunjang perkembangan ekonomi daerah. Pelatihan ini diselenggarakan selain sebagai upaya untuk menggali kreatifitas, juga sebagai sarana untuk menambah pengetahuan dan wawasan para pengrajin yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Pemerintah berusaha memfasilitasi dan memberikan kemudahan, dengan memberikan kesempatan kepada para pengrajin, untuk mengembangkan karya-karyanya. Hasil kreatifitas para pengrajin akan membuat produk semakin dikenal, tentunya dengan terus memperhatikan kualitasnya agar dapat memenuhi standar serta tuntutan pasar, baik pasar domestic maupun internasional. Dengan desain dan produk berkualitas akan terbentuk standarisasi harga yang sesuai.

Pelatihan kali ini terhadap para pelaku usaha wisata cinderamata, berupa pengetahuan bagaimana cara membuat cinderamata yang berkualitas, pengemasan yang dapat menambah nilai jual, cara memperoleh akses pasar, akses permodalan sampai strategi pemasaran yang tepat. Selain sesi tanya jawab peserta pelatihan juga diajak untuk bersama-sama praktek membuat contoh cinderamata dari bahan kayu dan resin. (ADV)