Polres Pandeglang Maksimalkan Fungsi Kehumasan

0
41

DALAM rangka berupaya memberikan pelayanan maksimal dan informasi secara cepat, akurat dan tepat terhadap publik, para personel Humas Polres Pandeglang dilatih ilmu jurnalistik di aula Mako Polres Pandeglang, Rabu (12/02/2020).

Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, pembekalan ilmu jurnalistik sangatlah penting untuk bidang Humas Polres Pandeglang. Karena menurutnya, dengan begitu peran dan fungsi Humas bisa maksimal dalam menyajikan informasi terhadap publik.

“Fungsi humas harus maksimal, informasi harus cepat sampai kepada masyarakat secara akurat dan tepat. Makanya, saya menggagas agar humas diberikan wawasan kejurnalistikkan atau pembuatan berita,” kata AKBP Sofwan saat membuka acara bimbingan wawasan jurnalistik.

Menurutnya, Humas Polres Pandeglang bukan hanya sebatas fungsi penunjang saja, akan tetapi harus menjadi fungsi utama dalam mendekatkan Polres dengan masyarakat, dan memberikan informasi yang akurat.

“Maka dari itulah, Humas Polres perlu meningkatkan kemampuanya dibidang komunikasi dan jurnalistik. Sehingga dapat memenuhi seluruh harapan masyarakat Pandeglang dan organisasi intern Polres Pandeglang,” jelasnya.

Setelah diberikan pelatihan selama beberapa hari, Personel Humas Polres Pandeglang diharapkan adanya perubahan dalam memberikan pelayanan maksimal dan informasi secara cepat, akurat serta tepat terhadap publik.

“Saya harap, Humas ini dapat terus menjadi lebih baik lagi, sehingga dapat memenuhi semua kebutuhan internal Polres, dan yang paling penting dapat menyajikan informasi akurat kepada seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Dia menambahkan, pemberian wawasan jurnalistik itu bukan hanya untuk kepentingan Humas saja, akan tetapi agar kerjasama yang selama ini terjalin dengan awak media bisa lebih erat lagi.

“Wartawan bagian yang tak terpisahkan untuk kemajuan Pandeglang, makanya kami tingkatkan lagi kerjasama yang selama ini sudah terjalin melalui kegiatan ini,” singkatnya.

Sementara itu, pembingbing wawasan jurnalistik, Kabiro Banten Satelit News, Mardiana Tirta Laksana mengaku, sangat mengapersiasi kegiatan yang digagas Kapolres tersebut. Dengan begitu menurutnya, bidang Humas Polres Pandeglang dapat memberikan dampak postif terhadap internal Polres dan masyarakat.

“Untuk dapat memberikan informasi yang akurat kepada publik, tentu saja diperlukan kemampuan ilmu jurnalistik yang dimiliki personel humas Polres Pandeglang. Makanya, saya sangat apersiasi adanya gagasan ini,” katanya.

Mardiana yang disapa akrab Mas Bro Ryan ini menambahkan, bahwa pemberian wawasan jurnalistik itu bentuknya belajar bersama dengan Humas Polres Pandeglang. Adapun soal materi yang diberikan ujarnya, dasar jurnalistik terlebih dahulu yang berkaitan pengertian berita, dan rumus-rumus penulisan berita.

“Semua fakta adalah berita, tapi sebuah berita belum tentu fakta. Pemberitaan yang disampaikan setidak-tidaknya terpenuhi unsur dasar sebuah berita adalah 5W + 1H (what, who, when, where, why dan how),” tandasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here