Progres PTSL di Pandeglang Capai 68 Persen

0
105

HINGGA saat ini, Kantor Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Kabupaten Pandeglang mengebut penyelesaian program sertifikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2024.

Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Pandeglang, Basuki Raharja mengatakan, bahwa saat ini progres penyelesaian Pengumpulan Data Yuridis (Puldadis) sertifikat PTSL 2024 sudah mencapai 68 persen.

“Untuk Puldadis, kita sudah sebanyak 15.313 dari jumlah keseluruhan target PTSL kita 22.500 bidang tanah,” kata Basuki, Kamis (20/6/2024).

Basuki menyampaikan, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) merupakan kegiatan pendaftaran tanah secara sistematik yang dilakukan atas inisiatif pemerintah dalam hal ini dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang sebagai instansi vertikal dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

“Karena kegiatan PTSL ini merupakan inisiatif pemerintah, maka pelaksanaannya mempedomani Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 6 Tahun 2018,” ungkapnya.

“Ketentuan tersebut antara lain, mengatur untuk para pemilik tanah yang tidak lengkap atau tidak ada sama sekali alat bukti kepemilikan tanah maka dapat dilengkapi dan dibuktikan dengan surat pernyataan penguasaan fisik bidang tanah yang bentuk dan isinya telah diatur,” sambung Basuki.

Menurut Basuki, peraturan ini penting untuk dipedomani oleh para pemilik tanah, panitia ajudikasi PTSL, dan instansi Pemerintah Daerah termasuk Kelurahan maupun Pemerintahan Desa serta para Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) maupun Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS).

“Supaya program atau kegiatan inisiatif pemerintah ini berhasil, dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat pemilik tanah,” katanya.

Terkait dengan biaya PTSL, Ia menerangkan, sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 menteri yakni Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri Dalam Negeri, dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis untuk Kabupaten Pandeglang berada pada kategori V dengan pembiayaan persiapan sebesar Rp150.000.

“Alhamdulillah sejalan dengan itu, Pemkab Pandeglang telah menerbitkan Peraturan Bupati Nomor 17 tahun 2018 tentang pembiayaan persiapan pendaftaran tanah sistematis. Tidak boleh melebihi 150 ribu, jika ada oknum yang membebani angka yang telah ditentukan silahkan laporkan saja ke kami,” tegas Basuki.

Basuki menargetkan, jika program PTSL untuk di Tahun 2024 ini akan rampung pada waktu yang telah ditentukan.

“Kami optimis, jika penyelesaian program PTSL tahun ini bisa mencapai target tepat pada waktunya nanti,” tutupnya.

Redaktur : Fauzi
Reporter : Asep