Ratusan Desa di Pandeglang Telah Cair Dana Desanya

0
139

DINAS Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, mencatat setidaknya ada 324 Desa dari 326 Desa di Kabupaten Pandeglang yang telah cair Dana Desanya.

“Sampai dengan saat ini, sudah ada sekitar 324 Desa dari 326 Desa di Kabupaten Pandeglang yang telah cair Dana Desanya. Namun, untuk 2 Desa masih belum bisa dicairkan karena masih ada permasalahan yang harus diselesaikan oleh 2 Desa tersebut sesuai temuan dari Inspektorat,” ungkap Kepala DPMPD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan kepada Tuntas Media, Rabu (24/5/2023).

Doni menyebut, jika masih ada beberapa desa yang belum bisa mencairkan Dana Desanya dikarenakan masih ada permasalahan yang harus diselesaikan oleh desa tersebut.

“2 Desa yang harus menyelesaikan permasalahannya tersebut adalah, Desa Kalang Anyar dan Desa Banyu Biru. Dan saya ingin melihat progresnya sejauh mana, jika sudah ada progresnya dari Inspektorat, maka akan segera kita cairkan,” terangnya.

Doni menjelaskan, jika pencairan Dana Desa tersebut langsung masuk ke Rekening Kas Desa (RKD).

“Pencairan Dana Desa itu langsung ke kas Desa, bukan ke kas daerah. Hanya saja laporannya ke kas daerah, serta tidak ada pemotongan dana desa untuk refocusing anggaran karena telah diatur oleh undang-undang Kementrian Desa,” jelasnya.

Doni mengatakan, bahwa tahun ini anggaran keseluruhan ADD Kabupaten Pandeglang senilai Rp 600 miliar untuk 324 desa se-Kabupaten Pandeglang.

“Untuk total dana yang dicairkan sendiri, kurang lebih sebesar Rp. 600 Miliyar. Karena ada beberapa desa uang naik, dan beberapa desa yang turun jumlah pencairannya,” ujarnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here