Rutan Kelas IIB Pandeglang Pastikan Makanan Warga Binaan Sesuai SOP

0
103

MENDAPATKAN makanan yang layak adalah salah satu hak Warga Binaan (WB) yang sedang menjalani pidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan).

Oleh karena itu, pelayanan pemberian makan yang layak dan baik harus dilaksanakan guna menjaga warga binaan tetap sehat dan bisa beraktivitas.

Demi meningkatkan pelayanan Warga Binaan (WB) Rumah Tahanan khususnya dalam hal pembuatan dan penyajian makanan, Rutan Kelas IIB Pandeglang telah merenovasi ruangan dapur menjadi lebih baik dan bersih.

Staf Pembinaan Rutan untuk pengelolaan bahan makanan dapur, senantiasa lakukan kontrol dan pengecekan terhadap menu masakan harian di Rutan Kelas IIB Pandeglang.

Sehingga pemenuhan hak Warga Binaan untuk makanan menjadi terjamin secara proporsional, dan warga binaan tidak merasa kekurangan pada jatah makanan yang diberikan.

Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Jupri mengatakan, penyelenggaraan makanan bagi warga binaan sudah sesuai dengan Standar Operasional (SOP) yang telah ditentukan.

“Proses pengolahannya pun diawasi langsung oleh petugas untuk memastikan kualitas dan kuantitas makanan, karena makanan yang baik adalah makanan-makanan yang disajikan dengan bahan pengolahan yang baik,” katanya, Selasa (26/4/2022).

Sebelumnya, kata Jupri, tamping dapur Rutan Pandeglang dipilih berdasarkan kriteria utama yang dilihat Tim Pengamat Pemasyarakatan, yakni mereka yang dapat menjaga kebersihan diri sendiri.

“Hal tersebut untuk memenuhi kriteria yang ditentukan Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, khususnya dalam pengelolaan dapur yang higienis,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan, pemberian makan dan minum yang layak adalah salah satu upaya pemenuhan Hak Asasi Manusia.

“Makanan yang berkualitas serta cukup gizi, diharapkan mampu menunjang imunitas penghuni Rutan. Sehingga berbagai masalah kesehatan Warga Binaan dapat ditekan,” ujar Jupri.

“Kami akan terus mengupayakan dalam memenuhi fasilitas penunjang kebutuhan dapur dan selalu menerapkan kedisiplinan dalam menjaga kualitas dan kuantitas guna memenuhi serta melayani kebutuhan asupan makanan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Pandeglang,” imbuhnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here