Sah, 2 WBP Jalani Akad Nikah di Rutan Kelas IIB Pandeglang

0
87

RUMAH Tahanan (Rutan) Kelas IIB Pandeglang, menjadi saksi bersatunya dua cinta dari balik jeruji besi.

Adalah Jessa Rijlani, Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Pandeglang mengikat janji suci secara agama dengan wanita pilihannya, Eros Mawati yang juga sesama WBP Rutan Kelas IIB Pandeglang.

Dengan dipimpin oleh penghulu dari Desa Mandalasari, Kecamatan Kaduhejo, dan dihadiri oleh keluarga masing-masing, akad nikah berlangsung dengan khidmat di Mushola At-Taubah Rutan Kelas IIB Pandeglang, pada Rabu (6/12/2023).

Kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang, Syaikoni menjelaskan, jika suasana haru dan bahagia menyelimuti tamu yang hadir terlebih kedua pengantin manakala ijab kabul selesai dilaksanakan.

“Alhamdulillah, hari ini Rutan Kelas IIB Pandeglang telah memfasilitasi dalam rangka pemenuhan hak-hak WBP yang salah satunya melangsungkan pernikahan. Namun kali ini lain dari biasanya, karena pernikahan dilangsungkan oleh sesama WBP meskipun menikah secara agama,” katanya.

Dirinya mengatakan, bahwa kedua WBP yang melangsungkan pernikahan tersebut adalah WBP dengan kasus persetubuhan.

“Keduanya masih berstatus sebagai tahanan Polres Pandeglang dengan perkara perlindungan anak Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022, dan kasusnya adalah persetubuhan,” ungkap Syaikoni.

“Meskipun sekarang kedua WBP sudah resmi menjadi suami istri, namun mereka harus bersabar untuk hidup bersama menunggu kebebasan mereka,” sambungnya.

Syaikoni menyebut, jika kedua WBP yang melangsungkan pernikahan menggunakan pakaian rapi namun seadanya.

“Kedua pengantin tampak bahagia, karena akhirnya bisa melangsungkan pernikahan dengan lancar. Saya ucapkan selamat, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah,” ujarnya.

Sementara, Jessa Rijlani menyampaikan terimakasih kepada kepala Rutan Kelas IIB Pandeglang yang telah memberi ijin kepada keduanya untuk melangsungkan pernikahan di dalam Rutan.

“Alhamdulillah saya akhirnya bisa menikah dengan Eros Mawati, meskipun dengan keadaan yang sangat terbatas di dalam Rutan. Terimakasih kepada Bapak Karutan atas ijin dan tempatnya, sehingga pernikahan kami dapat berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun,” singkatnya.

Acara pernikahan tersebut dihadiri oleh Kasubsi Pelayanan Tahanan dan Petugas Pembinaan Kerohanian sebagai perwakilan saksi dari Rutan Kelas IIB Pandeglang, serta dihadiri oleh Saksi dari Kedua Mempelai, dan didampingi oleh Pengacara Kedua Mempelai dari LBH Jatramada Pandeglang.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here