Sat Polair Polres Pandeglang Berikan Pemahaman Keselamatan Melaut Kepada Nelayan

0
266

SATUAN Polisi Air (Satpolair) Polres Pandeglang memberikan pemahaman tentang penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi radikal dan anti Pancasila kepada masyarakat, di Desa Kertajaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang Pandeglang, Kamis (06/08/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bukan hanya memberikan pemahaman soal organisasi atau anti Pancasila, namun juga memberikan pemahaman terkait dengan penanganan keselamatan di laut bagi para nelayan.

Dalam agenda tersebut juga ada simbolis pemberian perlengkapan keselamatan untuk nelayan, agar para pengunjung dan nelayan saat di tengah laut bisa memperhatikan keselamatan. Selain itu juga ada pemberian paket sembako kepada para nelayan.

Kasat Polair Polres Pandeglang, AKP Dwi Hary Bagio Winarko menuturkan, dalam agenda tersebut pihaknya telah memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ideologi Pancasila, selain itu juga memberikan sosialisasi keselamatan dalam melaut.

“Kita berikan pemahaman kepada masyarakat terkait dengan Pancasila, kita juga himbau masyarakat agar mewaspadai adanya organisasi yang anti Pancasila, selain itu kami juga berikan materi untuk mewaspadai bencana alam saat melaut dan keselamatannya,” ujar Dwi Hary Bagio.

Ia mengatakan, dalam keselamatan nelayan saat berada di tengah laut, salah taunya harus dilengkapi dengan peralatan yang menjamin keselamatan, mulai dari perlengkapan alat penangkapan ikan yang tidak menggunakan bom, kemudian perlengkapan pelampung bagi nelayan.

“Mengimbau kepada masyarakat nelayan, agar selalu waspada akan terjadinya bencana alam, seperti gempa bumi maupun tsunami, kemudian mengimbau kepada masyarakat nelayan agar tidak menggunakan bahan peledak dalam menangkap ikan. Selain itu, kita juga menghimbau kepada nahkoda kapal yang membawa tamu ke laut agar menggunakan alat keselamatan, seperti life bouy dan life jacket,” kata Dwi.

Sementara itu, salah seorang tokoh nelayan yang ada di Kampung Cinibung, Desa Kertajaya, Nurudin mengatakan, pihaknya menyambut baik sosialisasi program quick wins yang dilaksanakan oleh satpolair, karena menurutnya dengan pemahaman yang diberikan tersebut bisa memberikan petunjuk keselamatan di tengah laut saat berlayar.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Polair yang memberikan materi, kami juga akan melaksanakan apa saja yang disampaikan oleh Polair, mulai dari melengkapi peralatan keselamatan, dan pencegahan serta mendeteksi dini menghadapi bencana alam, tadi juga sempat disampaikan bahaya organisasi radikal serta ideologi anti Pancasila,” singkatnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here