SK TPBBK Sedang Direvisi, Kadisdikpora Pandeglang : Sudah Dialokasikan dan Bisa Cair

0
100

SOAL adanya Surat Keputusan (SK) Bupati Pandeglang tentang Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja (TPBBK) kepada Aparatur Sipil Negara Tahun Anggaran 2024, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Pandeglang, Hasan Bisri mengatakan, bahwa SK tersebut bohong melalui video berdurasi lebih dari satu menit.

“Jadi di bulan Februari memang harus ada penyesuaian-penyesuaian tentang TPP dan TPBBK, dan SK itu memang belum dikeluarkan. Makanya saya menyatakan, karena belum dikeluarkan berarti Hoax,” ungkapnya, Sabtu (10/2/2024).

Menurutnya, TPBBK untuk guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sertifikasi sudah memasuki tahap pencairan.

“Sekarang proses pencairan, Guru, Kepala Sekolah, Penilik, jadi seperti itu kronologisnya di Pandeglang. Maksud saya, dimuatnya ini hari-hari demokrasi sebentar lagi supaya dan memang sudah kondusif sih di Pandeglang,” kata Hasan.

Hasan menyebut, jika anggaran untuk TPBBK sudah dalam tahap pencairan pada setiap rekening penerima. Akan tetapi, kata dia, proses pencairan tersebut terhalang oleh hari libur. Meski saat ini SK tersebut tengah direvisi, dan belum ada kepastian apakah nanti dihari Senin (11/02/2024) sudah selesai direvisi atau belum, namun Hasan mengatakan sudah dialokasikan dan bisa dicairkan.

“Sudah dialokasikan, dan sebentar lagi pencairan. Kalau tidak terhalang oleh hari libur, mungkin hari-hari ini (Sabtu, red). Dan karena libur, mungkin hari Senin atau Selasa pencairannya dengan cara langsung transfer ke rekening masing-masing. Dan saya meminta, agar beritanya dibuat akan segera dicairkan,” ujar Hasan.

“Karena sebelum libur, usulannya sudah masuk di BPKD dan sedang diproses. Mudah-mudahan nanti pas masuk kerja, sudah ditransfer ke rekening masing-masing dan anggarannya cukup,” imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, Kabag Hukum Setda Pandeglang, Muryanto saat ditanya soal beredarnya Surat Keputusan Bupati Pandeglang Nomor: 900.1/Kep.22-Huk/2024, yang dalam lampirannya TPBBK untuk guru sertifikasi dan pengawas sertifikasi tidak muncul nominal, Muryanto menyebut, hal itu karena human error dan saat ini masih dalam proses revisi. Ia memastikan Senin pekan depan revisi tersebut selesai.

“Kami waktu menyusun Kepbup tersebut juga sudah mendengar bahwa akan ada perubahan dari sebelumnya e-Kinerja BKN menjadi PMM yang diterbitkan Kemendikbud Ristek dan Dikti, makanya kita sesuaikan lagi. Tapi ini intinya tidak ada masalah, karena kan uangnya juga belum dicairkan,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejumlah pihak yang terlibat dalam penyusunan SK yang ditetapkan 2 Januari 2024 tersebut lalai, yang membuat tidak munculnya TPBBK bagi guru sertifikasi dan pengawas sertifikasi. Namun saat ini pemerintah daerah tengah melakukan proses revisi SK Bupati Pandeglang Nomor: 900.1/Kep.22-Huk/2024 tentang Besaran TPBBK kepada ASN tahun 2024 di Lingkungan Pemkab Pandeglang.

Saat dihubungi, Sabtu (10/02/2024) Kabag Hukum Setda Pandeglang, Muryanto ditanya apakah nanti hari Senin revisi Surat Keputusan Bupati Pandeglang tersebut sudah selesai, Muryanto menjawab Insyaallah. “Insyallah,” singkatnya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here