Pj Gubernur Banten Al Muktabar di stand Gerakan Pangan Murah

PEMERINTAH Provinsi Banten menyalurkan sejumlah bantuan dan jaminan sosial serta menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) untuk penanganan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Lebak, penyaluran tersebut dilaksanakan di Pendopo Bupati Lebak, Minggu (3/12/2023).

“Bantuan ini dalam upaya kita menangani  permasalahan kesejahteraan sosial, stunting dan kemiskinan ekstrem,” ungkap Pj Gubernur Banten Al Muktabar dalam kegiatan penyaluran bantuan sosial program penanganan kemiskinan ekstrem dalam rangka ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak pada memperingati HUT ke-23  Provinsi Banten dan HUT ke-195 Kabupaten Lebak.

Al Muktabar juga berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dan digunakan secara bijak untuk hal-hal produktif. “Mohon berkenan bantuan itu benar-benar dimanfaatkan secara baik dan digunakan  untuk hal-hal produktif dalam kebutuhan sekolah anak serta kebutuhan pokok lainnya,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga mengajak dan mendorong masyarakat untuk dapat bersama-sama mengendalikan inflasi. Dalam upaya mengendalikan inflasi, Pemprov Banten juga menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di beberapa lokasi di delapan kabupaten kota.

Selain itu, Al Muktabar juga mengimbau agar masyarakat Kabupaten Lebak memanfaatkan pekarangan rumah untuk dapat ditanami sejumlah komoditi penyumbang inflasi, diantaranya cabai dan lainnya.

“Kita juga terus mendorong tentang ketahanan pangan, kita sudah menugaskan kepala Dinas Pertanian untuk berkoordinasi dengan Kabupaten/Kota agar dapat mengajak masyarakat mulai membajak sawah. Mudah-mudahan ketahan pangan kita akan tetap kuat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Siti Rosmawati warga Desa Pasir Kupa Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak menyampaikan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Ia juga mengatakan bantuan tersebut nanti akan digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini merasa sangat terbantu, ya nantinya mau digunakan untuk anak sekolah dan kebutuhan lainnya. Terima kasih sudah di bantu oleh pemerintah,” pungkasnya.

Sementara, Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan menyampaikan Pemkab Lebak akan terus berkolaborasi dengan Pemprov Banten dalam mendukung dan mewujudkan reformasi birokrasi tematik berdampak di Provinsi Banten dan Kabupaten Lebak.  “Kami mengapresiasi Pak Pj Gubernur Banten terkait dengan reformasi birokrasi tematik berdampak yang menjadi bagian dari kebijakan nasional, dan kita akan mendukung hal itu,” ujarnya.

Selanjutnya, Iwan juga mengatakan dalam rangka pengendalian inflasi di Kabupaten Lebak dan Provinsi Banten. Pihaknya akan menyelaraskan kebijakan-kebijakan yang menjadi prioritas Pemerintah Pusat maupun Pemprov Banten.

Sebagai informasi, kegiatan ekspedisi reformasi birokrasi tematik berdampak dalam rangka memperingati HUT ke-23 Provinsi Banten dan HUT ke-195 Kabupaten Lebak, diawali dengan senam sehat bersama dengan ribuan masyarakat.

Selanjutnya, Al Muktabar bersama Pj Bupati Lebak Iwan Kurniawan yang didampingi Pj Sekda Provinsi Banten Virgojanti, Ketua Komisi V DPRD Provinsi Banten Yeremia Mendrofa, serta Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Banten dan Pemda Lebak, meninjau stand Gerakan Pangan Murah (GPM) serta stand sejumlah pelayanan public lainnya.**

Redaktur: Dendi S

Reporter: Asep

Facebook Comments