TIM Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) Himpunan Mahasiswa Perikanan (HIMAPI) Untirta melakukan sosialisasi program kepada masyarakat dan pelaku usaha di Desa Banten Kecamatan Kasemen Kota Serang, Sabtu (22/08/2020).

Untuk diketahui, HIMAPI Untirta dibawah bimbingan dosen pebimbing mereka, Ginanjar Pratama, berhasil lolos dalam program PHP2D 2020 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang sebelumnya dinamakan Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Tema pengentasan kemiskinan yang berjudul “Revitalisasi Marketing Masyarakat Desa Banten Kecamatan Kasemen Provinsi Banten Melalui Digitalisasi E-Commerce Mafiha (Market Fishery’s Himapi) Pada Era New Normal” mengantarkan Hendi, Ulil Azizah, Haeru Wahyudin, Fauziah Nur Surya, Lisdiana Nurfitriani, Leku Putri Raihana, Fani Nadilah, Febrian Maldini, Anissya Misykah Mauliddina, dan Andhita Rossi Pratiwi mendapatkan hibah tersebut.

Ketua tim, Hendi mengatakan, latar belakang mereka mengambil judul tersebut yakni dampak pandemi covid-19 membuat pemasaran atau penjualan ikan di Desa Banten menurun drastis. Selain itu, sosialisasi tersebut juga dilakukan kepada ibu-ibu atau istri nelayan serta pelaku usaha di Desa Banten yang bertujuan agar para pelaku usaha bersedia untuk ikut serta dalam kegiatan ini.

“Kegiatan sosialisasi ini awalnya ditujukan kepada pimpinan di Desa Banten untuk menjelaskan sekaligus meminta izin menjalankannya PHP2D di Desa Banten. Alhamdulillah disambut dengan antusias,” kata Hendi.

Ketua RT Tanggul Jaya Desa Banten, Satori menyabut baik kegiatan mahasiswa di lingkungannya. Ia berharap program yang dijalankan membawa kebaikan untuk warga desa. “Bapak izinkan dan mendukung kegiatan dari adik-adik mahasiswa terkait kegiatan di desa. Mudah-mudahan selalu membawa kebaikan untuk desa ini, dan jangan lupa terapkan protokol kesehatan dalam menjalankan pelaksanaan,” katanya.

Senada diungkapkan Kepala Desa Banten, Hizbullah. Bahkan ia meminta mahasiswa untuk bekerjasama dengan dinas terkait untuk memudahkan berlangsungnya kegiatan.

“Kegiatannya bagus dan saya mendukung kegiatan tersebut. Tingkatkan terus kegiatan pemberdayaan berupa pelatihan-peltihan dsb di Desa Banten ini,” ujarnya.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Fauzi

Facebook Comments