Wilayah Tertinggi ODP Disemprot Polres Dan Pemkab Pandeglang

0
52

POLRES pandeglang bersama Pemerintah Kabupaten Pandeglang melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah virus corona atau covid-19.

Penyemprotan dilakukan di salah satu wilayah yang tercatat banyaknya orang dalam pantauan atau ODP di Kabupaten Pandeglang. Yakni, Desa Langensari, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, dengan jumlah ODP sebanyak 16 orang.

Penyemprotan tersebut di fokuskan di 16 rumah ODP, selain itu rumah ibadah dan jalan di perkampungan serta jalan di seputar perkotaan di Kabupaten Pandeglang pun menjadi sasaran penyemprotan dengan menggunakan satu unit mobil water canon.

Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto mengatakan, kegiatan penyemprotan serentak tersebut bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyrakat Kabupaten Pandeglang, dari serangan virus corona atau covid-19. Selain itu, sasaran utama penyemprotan tersebut adalah sejumlah fasilitas umum dan tempat beribadah masyrakat agar bebas dari virus corona.

“Memberikan perlindungan terhadap siapapun, perlindungan kepaadaseluruh masyrakat yang ada diwilyah hukum Polres Pandeglang khususnya di area yang banyak ODP atau PDP. Dan sasarannya pegangan tangan yang biasa disentuh banyak orang, dan fasilitas umum.” kata AKBP Sofwan Hermanto, usai penyemprotan di Desa Langensari, Selasa (31/03/2020).

Sofwan menuturkan, sasaran penyemprotan tersebut focus pada 16 rumah yang sudah terdata sesuai dengan 16 ODP. Diketahui, penyemprotan serentak tersebut merupakan intrusksi langsung dari Kapolri, dan hal tersebut dilakukan oleh 24 Polsek yang berda di wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Dengan penyemprotanya ini harapannya masyarakat bisa menjaga hidup sehat, menjaga jarak, rajin cuci tangan, dan istirahat yang cukup. Sasaran kia adalah 16 rumah sesuai dengan data dan 16 ODP dan nanti akan kita kembangkan. Ya betul ini merupakan tindaklanjut dan intruksi dari Kapolri langsung . Semuanya ini secara serentak dilakukan di 24 Polsek di Kabupaten Pandeglang,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Langensari Restu Sugining Umam mengatakan, dirinya berterimakasih kepada Polres Pandeglang dan PemKab Pandeglang yang telah melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah tempat Ia bertugas. Ia menyebutkan bahwa ada beberapa masyarakat Desa Langensari yang dilakukan screening oleh pihak Desa Langensari dan Puskesmas Saketi, hal tersebut dilakukan karena masyrakat yang dilakukan screening merupakan pekerja diluar pandeglang.

Ia menuturkan bahwa masyrakat Desa Langensari yang bekerja diluar Pandeglang saat pulang kerumahnya mengalami beberpa gejala. Yakni, batuk, filek, sakit kepala, maka dari itu pihak desa dan puskesmas melakukan penjaringan dan pendataan. Ia berharap dengan dilakukanya penyemprotan disinfektan tersebut bias jadi upaya menagkal penyebaran virus corona di Desa Lengansari.

“Kemarin kita per tanggal 26 ada screnning di Desa Lengansari dan Pusakesmas Saketi ada 27 orang yang dating dari luar kota dan kita lakukan penjaringan . dan yang dikatagorikan ODP ada 16 orang dan sekarang tinggal menunggu 14 hari kita nanti akan cek kembali apakah statusnya keluar dari ODP atau misalnya meningkat. Tapi secara pemantaun kasat mata 16 orang ODP ini akan keluar dari ODP atau bias di pastkan sembuh, Karena tidak ada kendala atau gejala yang lebih parah dari sebelumnya,” kata Restu.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Andre Sopian

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here